jump to navigation

Mematahkan Mitos Seputar Kehamilan J, Agustus , 2011

Posted by mirya18061985 in Uncategorized.
trackback

Nasehat dan nasehat, lama lama nasehat itu jadi sebuah mitos. Aku memang tidak begitu suka dinasehati kecuali aku minta untuk dinasehati. Terutama nasehat dari kehamilan di bulan awal sampai bulan terakhir. Susahnya orang tua kalo sudah turun temurun menasehati jadi kebawa bawa sampai keturunan keturunan berikutnya. Pada dasarnya aku memang orang suka ‘ngeyel’, dan semua nasehat itu biasanya masuk telinga kiri keluar jadi angin…hahaha. Aku tau mana yang boleh dan mana yang tidak, mana yang baik dan yang tidak (wah aku sok tau banget berarti!!). Yah…tapi yang namanya mitos adalah mitos dan tidak akan pernah menjadi nyata, itu kepercayaanku. Lewat tulisan ini aku mencoba membuka pikiran semua yang membaca tulisan ini. Berikut sebagian kecil mitos yang dipercaya banyak orang tua:

  • Minum air kelapa mempercepat persalinan.

Menurutku, yang mempercepat persalinan itu dari kondisi sang ibu. Kalo anak pertama biasanya akan lama karena jalan lahir belum terbuka. Biasanya anak kedua akan lebih cepat lahir karena selain jalan lahir sudah pernah terbuka, pengalaman sang ibu yang membuat sang ibu tidak panik menjalani persalinan. Kalo itu baru masuk akal!!

  • Leher ibu hamil menghitam menandakan bayinya laki laki.

Leher ku waktu hamil juga menghitam, lebih gelap daripada sebelum aku hamil. Tetangga, teman teman semua berlomba menebak bahwa bayiku laki laki. Ah…mereka memang ‘SOK TAU’ Buktinya bayiku perempuan.

  • Pada trisemester pertama apabila mualnya tidak terlalu parah dan tidak muntah muntah menandakan bayinya laki laki.

Ibuku sewaktu hamil aku dulu juga tidak mengalami muntah muntah atau sampai pingsan. Lalu ini juga terjadi pada kehamilan pertamaku ini. Aku juga tidak mengalami muntah, pingsan, pusing berat. Terbukti kan!!jenis kelaminku perempuan begitu juga dengan anakku yang juga perempuan

  • Kalo ibunya rajin bayinya perempuan, kalo malas bayinya laki laki.

Ini aneh lagi kupikir. Kebetulan,aku sudah memiliki gubug sendiri setelah menikah dan aku mengurus sendiri rumahku. Tentu saja aku harus masak sendiri setiap hari, bersih bersih sendiri. Kalo aku malas malasan, lalu siapa yang mengurus rumah??? Dan memang dari dulu aku hobi bersihkan kamar. Aku pasti marah marah kalo kamar atau rumah kotor dan berantakan. Habis itu aku bersihin seisi rumah sambil marah marah! Ini udah dari dulu…jadi ga ada hubungannya bayiku laki laki atau perempuan yaa!!

  • Bila perut calon ibu membulat bayinya perempuan.

Haahahahaha…mau bulat mau lonjong, oval, lingkaran dan sebagainya aku ga begitu memperhatikan yang satu ini. Banyak orang bilang bayiku laki laki karena perutku kelihatan lonjong. Badan aku itu kecil, langsing (pede bgt) , jadi kalo hamil ya kelihatannya lonjong. Coba kalo badanku gemuk dari sono nya pasti keliatan bulat..karena lemaaakkk…(maap, bukan menyindir loh)

  • Calon ibu tidak boleh kecapekan melakukan pekerjaan dan harus banyak istirahat.

Mungkin kalo kecapekan juga ada benarnya. Tapi calon ibu juga tau kan yang namanya capek itu istirahat?? Jadi aku tau dong kalo aku udah capek itu harus istirahat. Aku ga akan berhenti mengerjakan sesuatu kalo aku belum capek. Hamil 6 bulan saja aku masih menanam tanaman, dorong dorong mesin cuci, angkat angkat kompor, menimba air, meng-arit rumput (kerja di sawah buuu…) Semua orang bilang ‘udah jangan capek capek’ tapi jurus ‘ngeyel’ aku kukeluarkan. Tapi perlu diingat, kondisi tubuh seseorang itu berbeda beda.

  • Banyak makan kacang ijo bisa membuat rambut bayi tebal.

Teman ku yang juga hamil makan kacang ijo setiap hari. Apa itu rebusan air yang pertama, yang tengah tengah , atau yang terakhir. Aku sebulan sekali makan kacang ijo. Jarang banget…kasian sekali!!Hasilnya, rambut bayiku tebal dan lebih cepat panjang alias gondrong daripada bayi temanku yang rambutnya tipis dan hampir ga keliatan. Menurutku tebal tipisnya rambut dipengaruhi oleh gen tebal tipis rambut orang tua bayi itu.

  • Pemeriksaan USG (Ultrasonografi) membahayakan janin.

USG itu bukan Rontgen (baca:ronsen) USG itu pemeriksaan menggunakan gelombang suara bukan dengan sinar-X  pada Rontgen atau infrared (bisa Bluetooth juga ga?). Jadi Tidak perlu khawatir, Justru menurutku kita bisa mengetahui perkembangan janin, berat badan janin dan segalanya dari USG. Kenapa teknologi yang aman ini ga digunakan? Buktinya tidak ada masalah dengan anakku

  • Tidak boleh ‘mbatin’ atau jengkel pada orang lain menyebabkan anak kita berwajah mirip orang tersebut.

Wah yang ini jelas illogical ga masuk akal. Acara ‘pembuatan’ si adek waktu itu kan sama suami sendiri (#eeaaa!!) ya jelas ga mungkin mirip orang lain!!!kecuali kalo ‘bikin’ nya sama orang lain pasti miripnya sama orang lain. Kecuali kalo kita casting Sinetron Putri Yang Tertukar…hehehehe

  • Ibu hamil harus makan 2x lipat atau makan lebih banyak saat hamil.

Biasa aja kale,buu!!Sebelum dan sesudah hamil, aku makan dengan porsi yang sama, ga kurang dan ga lebih. Katanya orang orang bayiku nanti punya berat yang kecil karena perutku kecil..aku terus terusan di nasehati makan makan makan yang banyak (paling ogah kalo udah gitu!!) Memang dulu aku lahir imut dengan BB 2.6 kg hahaha, tapi bayiku lahir 3.4 kg!!Ga pake acara makan 2 piring atau makan berlebihan. Lebaiii ahh…

  • Setelah melahirkan rambut akan rontok dan wajah akan kusam .

Justru aku pun kaget, sewaktu hamil wajahku keliatan kusam ga bercahaya tapi rambutku ga rontok tuh. Nah setelah melahirkan wajahku bersinar sinar, kembali putih seperti dulu lagi dan rambut juga tetap tidak rontok, malah lebih halus. Pokoknya tambah cantiklah..(kepedean lagi)

  • Ibu hamil tidak boleh minum es, bisa menyebabkan bayi besar.

Kalo minum es ditambah sirup,es krim manis atau gula yang over lha itu bikin bayi diabetes, Itu yang benar menurutku. Air putih dingin itu yang aku minum setiap hari.

  • Dilarang membunuh binatang.

Itu sih perintah agama dari dulunya. Dilarang membunuh makhluk hidup. Kenapa dibikin susah. Nyamuk, kecoa, semut yang terinjak apa disuruh hidup lagi??

  • Ibu hamil memasang gunting atau pisau kecil disaku supaya tidak digoda setan.

Justru pisau atau gunting di saku yang bikin bahaya!!gimana kalo kita lupa terus (Amit amit) menusuk perut atau anggota tubuh yang lain malah ngeri khan???!!

  • Tidak boleh makan pake sendok besar supaya bibir si bayi mungil.

Sekali lagi, mau mukanya lebar, dahi nonong, hidung mancung atau gimana juga tergantung gen orang tuanya dong. Kebetulan aja bayiku punya bibir mungil. Yang menciptakan bibir mungil atau lebar kan Tuhan, napa kita repot repot ikut campur. Sudahlah broo…(eh sist…)

  • Ibu hamil yang suka berdandan dan memasak bayinya perempuan.

Hihihi dari dulu sejak puber sampe sekarang, aku kalo kemana mana cuma pake krim tabir surya. Bedak-an jarang, lipstick juga kadang kadang. Males…! Tapi,Puji Tuhan mukaku ya begini begini aja. Mau hamil atau tidak ya tetap dandananku seperti itu. Dibilang jarang dandan…emang!!Tapi bayiku perempuan tuh!

  • Dilarang menutup lubang lubang (cth: lubang semut, kamar mandi,dll) supaya lancar melahirkan.

Jiahhh…ini kembali ke alasan mitos nomer satu dong.

  • Tidak boleh naek motor kalo kehamilan memasuki trisemester ke tiga.

Lah aku memang punyanya cuman motor, mobil itu punya ortu jadi ngapain di bangga banggain. Hamil 8 bulan aku masih suka berkendara kesana kemari. Aku yakin anakku akan lebih kuat kelak dan nggak manja manjaan.

  • Tidak boleh makan makanan yang dibungkus erat daun pisang (cth: lemper, lepet, ketupat dll) menyebabkan anakknya terbungkus selaput saat dilahirkan.

Makan ini ga boleh makan itu dilarang. Lemper terbuat dari ketan, lepet juga dari ketan, ketupat dari beras, lalu apanya yang berbahaya? Sama sekali ga ada hubungannya

  • Minum kacang kedelai bikin kulit bayi putih

Sekali lagi kulit putih atau hitam itu tergantung orang tuanya. Kebetulan kulitku agak putih, tepatnya kuning mungkin yaa, sedangkan suamiku berkulit gelap. Tuhan kasih ke bayiku kulit putih. Entah besoknya mau hitam juga aku ga masalah…Tuhan yang kasih kan??Kalo hitam juga karena suamiku berkulit hitam, jadi memang benar itu anak suamiku hehehe, tul kan??

  • Tidak boleh makan durian, tape,nangka dan nanas

Kebetulan aku ga suka nanas dari dulu jadi aku memang ga makan nanas. Tapi ketiga makanan (durian, tape dan nangka)  tersebut adalah makanan favoritku. Tri semester pertama makan nangka. Tri semester ke dua makan tape ketan dan trisemester ketiga makan duren. Mungkin ada benarnya buah buah itu rasanya bikin perut panas. Tapi tidak berarti tidak boleh, makan sedikit saja atau secukupnya saja.

  • ‘Ngidam’

Negara yang mengenal ‘Ngidam’ mungkin cuma Indonesia. Alasan untuk bermanja manja saja. Boleh lah bermanja manja..kan manjanya sama suami sendiri. Bahaya kalo manja dengan suami orang lain…bisa perang dunia!!

  • Bila ibu hamil Sakit batuk dan pilek bisa sampai berbulan bulan

Mungkin sebagian besar atau mungkin sebagian kecil, iya!Tapi aku tidak. Pernah aku pilek sewaktu hamil, tapi keesokan harinya sembuh. Anehnya, kalo aku sebelum hamil sakit batuk memang sembuh dalam 2 atau bahkan 3 minggu. Tapi sewaktu hamil, (2 kali sakit batuk waktu hamil) sembuh dalam paling lama 5 hari saja.

Mitos memang mitos, tapi ini adalah sebuah pengalaman yang nyata dan aku rasakan sendiri. Tapi, aku juga mengerti kalo kondisi setiap orang atau setiap ibu hamil itu berbeda beda.. Kebetulan saja, kondisiku sewaktu hamil memang baik baik saja tanpa ada masalah. Pantau saja dengan berkonsultasi ke dokter, sebagian besar mereka juga tidak percaya mitos seperti diatas.Menurut aku, yang namanya ibu hamil itu adalah orang sehat, kalo mereka tidak sehat bagaimana mereka bisa hamil?? Jadi kennapa harus menakut nakuti orang sehat dengan berbagai macam hal.

Bisa saja salah satu mitos diatas menjadi benar kalau anda mempercayainya (lah ini mitos lagi)!!Tulisan dan pengalamanku bisa dijadikan sebuah wacana. Diatas itu semua cukup percaya saja Tuhan dan segalanya akan baik baik saja.

Komentar»

1. syifa - J, Februari , 2015

Sista byk kesamaan pola pikirnx ama saya hehehehe. Izin share y sis…

mirya18061985 - J, Februari , 2015

Yaaa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: