jump to navigation

MELAHIRKAN NORMAL ANAK KE DUA J, Juni , 2016

Posted by mirya18061985 in Uncategorized.
add a comment

Setelah Kuret

Sebelumnya memang saya pernah kuret di kehamilan saya yang kedua. Tepat nya di bulan Mei 2016, saya harus menjalani operasi kuret disebabkan karena janin tidak berkembang. (posting saya sebelumnya mengenai operasi kuret). Sempat saya pesimis untuk mendapatkan kehamilan kembali, tapi saya harus bersabar, karena dari dokter mengatakan, saya boleh hamil kembali setelah mens 2x.

Setelah Mens yang kedua kami mencoba kembali untuk mendapatkan anak kedua. Tepat nya di bulan ketiga setelah kuret, yaitu bulan agustus 2016, saya coba iseng test pack, dan Puji Tuhan hasilnya positif, dua garis. Untuk kehamilan kali ini saya biasa saja, saya tidak mau terlalu hepi, takut kecewa dan patah hati seperti kehamilan saya yang kedua. Dan akhirnya saya jalani kehamilan kali ini dengan biasa saja, saya pasrahkan kepada Sang Penyelenggara hidup.

Bulan 1 – 9, Mematahkan mitos tentang kehamilan di masyarakat

Kehamilan kali ini saya juga merasa biasa saja, karena saya sudah punya pengalaman di kehamilan sebelumnya. Bulan berganti bulan, semua mitos yang orang bilang, tindakan, perkataan, cara makan, dll saya masih jalani menurut apa yang saya percaya. Apabila mitos itu tidak logis sebaiknya tidak usah terlalu percaya. Seperti di postingan saya sebelumnya mengenai mematahkan mitos seputar kehamilan, saya masih meneruskan apa yang saya percayai.

  • Makan untuk porsi berdua?

Kebetulan kehamilan 1, 2 dan 3 saya diberikan kemudahan. Saya tidak mengalami mual dan muntah atau pusing berlebihan, masih bisa makan, walaupun di Trisemester I saya makan nya pilih pilih. Saya waktu itu tidak makan nasi, sebagai gantinya, saya makan mie disertai lauk pauk. Berat badan saya turun 3 kilo di bulan bulan itu. Saya juga benci sekali dengan soto. Haha.

Seperti dipostingan saya sebelumnya, saya tidak percaya dengan yang namanya ngidam. Jadi saya gak ada acara ngidam dsb.

Untuk yang namanya makan, orang Indonesia selalu bilang makan untuk 2 porsi karena di dalam janin kita ada 1 nyawa yang harus dipelihara. Itu tidak berlaku bagi saya. Bukannya saya takut gemuk dsb, di kehamilan ini, saya makan seperti biasa saya makan sehari hari. Porsi makan saya sedikit, nasi nya pun sangat sedikit, hanya saja sarat gizi dan saya beri tambahan susu Ibu Hamil, asam folat Folamil, dan obat penambah darah yang dianjurkan.

Saya pernah sekali tempo makan dengan jumlah yang sangat banyak, akibatnya saya harus BAB berkali kali, dirumah ataupun di tempat kerja.

Opini masyarakat: makannya harus banyak, soalnya hamilnya kecil, nanti anaknya kecil, berat badan rendah (kenaikan berat badan masih naik normal 11-12 kg). Susah mengurus nya. Mereka melihat dari ukuran perut saya yang kecil saat hamil, bahkan baru kelihatan hamil di bulan ke 6.

Realita: hamil I & III semua orang punya opini masyarakat yang sama, kenyataannya anak I lahir dgn BB 3,4Kg ; anak ke II lahir dgn BB 3,5Kg.

  • Junk Food

Intinya semua makanan itu baik ada nya apabila dimakan secara bijak, maksudnya tidak terlalu banyak. Karena segala sesuatu yang terlalu banyak itu tidak baik. Yang saya maksudkan disini adalah makan mie instant dan makanan cepat saji. Boleh dong sekali kali menikmatinya, menurut saya tidak ada larangan selama itu tidak kebanyakan. Seminggu 1x masih bisa ditoleransi untuk kedua makanan tersebut. Memang makanan itu tidak baik dari segi manapun , tapi menurut saya bukan berarti dihindari sama sekali. Manusia tidak ada yang sempurna.

Tapi tetap perhatikan makanan yaa selama kehamilan. Kalau bisa dikurangi makanan yang tidak baik. Yang saya hindari biasanya adalah: sate, steak, alkohol, durian, tape, soda, nanas. Karena makanan makanan tersebut sudah terbukti secara medis dan masuk akal tidak baik untuk ibu hamil

  • Mitos tradisional lainya (lanjutan postingan saya sebelumnya mengenai Mitos Seputar Kehamilan)

Biasanya orang orang kuno/tradisional/ tetua punya opini mereka sendiri atau secara turun temurun mengenai kehamilan. Dilarang ini dilarang itu.

Tidak boleh mengikat sesuatu

Gak masuk akal, kalo bumil tidak diperbolehkan melakukan kegiatan ikat mengikat pake tali, rafia atau karet katanya ari ari anaknya bisa melilit. Hmm..apa yang terjadi kalo saya gak boleh melakukan kegiatan ikat mengikat?saya kan ibu rumah tangga, jadi harus mengikat ini dan itu. Saya gak percaya dengan mitos yang gak masuk akal seperti itu.

Realita: anak saya tidak kalung usus dan tidak ada masalah dengan ari ari nya. Tidak ada yang melilit dan sebagainya

 

Melewati HPL 19 Mei 2016

Akhirnya bulan Mei 2016, bulan yang kami tunggu tunggu, bulan kelahiran si kecil. HPL nya dihitung sampai dengan tanggal 19 mei 2016, sampai dgn tanggal itu saya hanya merasakan kontraksi kontraksi palsu. Itu terjadi setiap malam menuju tengah malam. Kontraksi tersebut berlangsung 5 menit sekali dan lumayan kuat. Saya pernah tertipu sampai saya periksa ke bidan terdekat, katanya belum ada pembukaan.

Sampai berkali kali malam, apabila ada kontraksi saya selalu mengabaikannya, karena saya selalu kira kontraksi palsu. Karena setiap tengah malam, kontraksi itu selalu muncul tapi setelah saya tidur, saya tidak mendapati kontraksi yang sama di pagi hari.

Banyak cara untuk merangsang kontraksi atas anjuran artikel artikel mengenai kehamilan dan anjuran bidan, berikut saya bahas pengalaman saya mengenai merangsang kontraksi kehamilan:

  • Jalan setiap hari

Katanya untuk mempercepat kelahiran dan merangsang kontraksi, saya harus berjalan kaki dengan tempo sedang tiap pagi. Hellowww…saya kalo pergi ke tempat kerja menggunakan transportasi umum, yaitu BRT. Setidaknya 10 menit pulang pergi saya jalan kaki tiap hari.

  • Hubungan suami-istri

Bidan bilang sih untuk merangsang kontraksi salah satunya dengan melakukan hubungan suami istri. Seminggu sebelum anak saya lahir, saya melakukan hubungan suami istri, katanya sperma suami bisa merangsang kontraksi tsb. Memang ada reaksi setelah itu, tapi setelah di selingi tidur malam, semua nya hilang.

Opini Dokter

Hari Senin 23 Mei 2016, bidan andalan saya bilang karena sudah melewati HPL,( tapi posisi waktu itu ada pembukaan 1 tebal dan ada flek), lebih baik periksa ke dokter spesialis saja supaya sama sama manteb. Tapi menurut bidan saya, kalo beliau menunggu 2 minggu setelah melewati HPL itu bukan masalah besar. 2 minggu loh nunggu nya, tapi beliau menganjurkan ke dokter spesialis dulu.

Hampir tengah malam saya bela bela in ke dokter langganan saya waktu itu Dokter Sapto di Ungaran (Dokter kehamilan I), tapi beliau sedang pelesir ke lombok sudah 3 hari ini, okee mari cari dokter lainnya. Nha, saya pernah USG 3 dimensi di salah satu dokter di RSB Mardi Rahayu Ungaran, tapi beliau ternyata sedang ada tindakan pasien, jadi tidak ada di tempat, Okelah….2 dokter tidak di tempat. Akhirnya aku ke RSB Kusuma Ungaran ke dokter Heri. Belum pernah ada pengalaman dengan dokter ini, deg deg an juga. Ternyata beliau masih praktek juga nih sampai tengah malam.

USG, penuh harap cemas. Katanya, prediksi bayi saya beratny 4 kg!!!tali usus belum banyak pengapuran, detak jantung bayi masih normal. Ketuban katanya tinggal sedikit (waktu itu USG 2D), ketuban sedikit itu dilihat dari warna gelap di sekitar janin. (menurut saya memang keliatan lebih sedikit karena bayinya sudah semakin besar, gitu aja), tapi karena sudah terlanjur panik, galau, bingung gak lahir lahir, jadi semua omongan saya masukkan ke hati dan gak saya saring terlebih dulu, sepertinya saya sudah kehilangan akal sehat.

Sesi konsultasi: dokter itu memang hobi nakut nakutin. Sumpah. Katanya dia tidak menjamin apabila terjadi apa apa karena bayi ini semakin besar dan tumbuh nya di dalam, ketuban berkurang,, tidak ada udara dsb, yang bisa menyebabkan….****. Whoaaa!!!kenapa omongan dokter itu jelek sekali. Dia menganjurkan induksi untuk mempercepat kelahiran, dia bilang induksi itu butuh 10 jam tapi sakitnya melebihi kontraksi yang sebenarnya. Dan apabila diinduksi tidak ada perubahan harus di SC alias cesar!! Gelap deh pandangan ku….

Sampai rumah saya berdoa tanpa henti, mohon kesabaran dan kekuatan, suami saya pun demikian. Mohon kejaiban.

Entah ada kekuatan dari mana, si jabang bayi bergejolak pagi hari buta itu Selasa 24 Mei 2016. Tuhan selalu tepat waktu menjawab doa setiap orang yang meminta kepada-Nya. Saya gak mau kehilangan moment kontraksi lagi. Mungkin itu kontraksi palsu yang terjadi tiap tengah malam. Langsung saya siapkan tas menginap, saya ke Semarang menuju ke bidan andalan saya. Di cek oleh asisten bidan, kontrakasi 4-5 menit pembukaan 2 tebal.

Selasa 24 Mei 2016, 03.00

Saya masih bisa merasakan kontraksi, dan saya berusaha untuk tidak tidur, saya gak mau kehilangan kontraksi itu lagi. Tapi apa mau dikata, saya malah ketiduran sampai jam 5.30 pagi saya bangun dan tidak mendapati kontraksi itu lagi. Saya sedih…..

Saya buat jalan jalan pagi di sekitar komplek bidan saya. Sambil membeli bakpao, melihat pasar tiban disana, apa yang dijual disana. Agak rileks dan bugar badan saya. Perut bawah saya agak terasa berat tapi saya tidak menemui kontraksi yang berarti lagi seperti td malam. Sambil duduk2 di taman, saya rileks kan pikiran saya. Lalu saya mandi, dan tidur sebentar sampai jam 8.30 pagi.

Bantuan Bidan

Belum ada progress lagi sampai dengan jam 10.30. hanya ada kontraksi yang tidak meyakinkan setiap 7 menit. Hmpf…I didnt know what to do. jam 11.30 bu bidan panggil saya untuk melihat pembukaan. Katanya pembukaan 2 longgar, tapi sdh ada lendir. Dan setelah saya ke kamar mandi, ternyata air ketuban rembes (ternyata sengaja dipecah oleh bidannya). Dan saya disuruh untuk tidak banyak jalan. Tiduran saja. Lalu jam 12.30 kontraksi mulai terasa seperti yang kuharapkan seperti waktu melahirkan pertama dulu. Sakit banget, lama lama makin sakit dan intens. Tapi saya menjalani dengan senyum karena ini dia yang kutunggu tunggu. Trus saya disuruh asisten bidan untuk ke ruang persalinan. Dicek sudah bukaan 3 ke 4. Dan suami saya sudah disamping saya. Lama kelamaan kontraksi semakin menjadi jadi . saat itu jam 13.00. saya pasrahkan saja, mau rasa sakit seperti apa, saya pernah merasakan ini sebelumnya. Tapi ini sdh kelewat sakit, trus rasanya ada yang mau meluncur keluar dari bawah. Saya teriak teriak, kan katanya gak boleh ngeden, tapi ada yang bikin ngeden. Di cek kembali ternyata sudah bukaan 10 (hanya selang 25 menit ari bukaan 3). Cepet banget langsung disuruh ngeden. Beberapa kal ngeden, si bayi langsung meluncur degan bebas. Yeheee……Puji Tuhan…dia akhirnya lahir juga.

Langsung saja saya gendong dia untuk IMD di atas dada. Wajahnya gendut mirip kakaknya yang dulu, tembem, alisnnya beda, yang ini gak setengah lingkaran. Hmm…lega rasanya..hepi…segalanya.

Setelah Persalinan

Pada proses kali ini, setelah persalinan saya merasakan kontraksi pengerutan rahim yang amat sakit. kaki terasa kaku, kontraksi 30 detik tapi rasanya mirip kontraksi bukaan 3 ke 4. Kontraksi ini bertujuan untuk mengembalikan rahim menjadi seperti semula, sebesar telur ayam. Sakit itu berlangsung selama 5 hari.

 

Pada intinya, persalinanku kali ini terjadi kepanikan karena kelahiran bayi nya sudah melewati HPL.

Menurut saya, apabila melewati HPL kita harus bersabar, jangan panik, Tuhan sudah mengatur, Dia yang penyelenggara kehidupan. Kita tidak bisa menyetop atau mempercepat.

Biarkan orang lain terus beranya tanya, ‘kapan lahirnya?’ dijawab saja “Hanya Tuhan yang tau”. Jangan biarkan obrolan orang lain menjadi kepanikan kita sendiri yang nantinya berujung pada setres.

Saya yakin, Apabila Tuhan belum mengijinkan anak saya lahir di hari yang kita tentukan (lahir normal bukan cesar), dia tidak akan lahir. Karena kelahiran dan kematian Tuhan yang mengatur, berpasrah saja.

 

 

 

 

Toilet Training untuk Anak Balita J, Mei , 2016

Posted by mirya18061985 in Uncategorized.
add a comment

Mungkin bisa dibilang sudah terlambat ya buat anakku yang sekarang sudah mulai sekolah TK A. Berjenis kelamin perempuan, dan bisa dibilang umurnya saat ini 4 tahun menuju 5 tahun. Masih pake pampers walaupun dalam keseharian dia sudah bisa pipis sendiri dan gak ngompol.

Cuma sewaktu tidur saja, dia masih dipake in pampers. Butuh kerja keras men-training anakku supaya gak ngompol atau pipis ke kamar mandi sendiri di malam hari. Tapi semua hal itu dimulai dengan belar dan disiplin.

Hari pertama

Malam hari tanpa pampers, cuma pake celana pendek buat bobok. Siapkan perlak jangan lupa. Otomatis hari pertaman training, masih mengompol….tapi kalo anak 4 tahun itu bisa diajakin diskusi dan pengertian. Bilang aja sebeum tidur kalo mulai malam ini kita belajar gak pake pampers.

Hari 2, 3, 4 dst

Masih ngompol juga….sampe seminggu lah….

 

Lama kelamaan dia kayak sadar sendiri dia harus berbuat sesuatu….

Dan dari hasil berhari hari itu, saya tau jam nya dia ngompol jam 11 malam, hal ini berbeda beda setiap anak. Nha jadi saya tau patokan nya, sebelum jam 11 malam, saya harus membagunkan dia buat ke kamar mandi di malam hari.

Perjuangan loh bangunin anak jam segitu dimana dia lagi asik asik bobok. Dia menolak, marah utuk di bangunin ke toilet. Selama sebulan lebih hal seperti itu terulang ulang lagi. Sempat saya putus asa, begitu juga dgn suami. Sudah sebulan lebih masih ngompol juga. Tapi gak setiap hari sih ngompol, dalam seminggu bisa 2-3x gak mngompol, itu karena mungkin pas dia mau dibangunkan malam hari utk pipis di toilet.

Oya, setiap anak berhasil gak ngompol pagi harinya bisa diberi reward , gak perlu barang, uang, atau sesuatu yang menghabiskan uang kita. Reward nya bisa berupa cium atau peluk. Dikasi cium 5x aja dia udah senengnya gak karuan. Jadikan reward momen ciuman itu dibuat semenarik mungkin, bisa dipipi di kening di hidung…atau dipeluk sambil dikasi hitungan detik.

Yang namanya disipin dan belajar itu tidak akan sia sia. Bebeapa minggu kemudian, dia punya akal dan cara sendiri untuk tidak mengompol dimalam hari otomatis, dia juga gak mau basah basahan , dibangunin malam hari ganti baju celana, dan besok paginya dimarahin mama…hehe.

Entah dapat jurus darimana, progressnya terlihat dalam dua minggu ini dia gak ngompol di malam hari tanpa harus ke toilet. Seandainya dia mau ke toilet, dia bangun sendiri dan ke toilet pipis sendiri. Hehe…tapi saya masih kasi perlak ompol was was kalo tiba tiba masih ngompol dan membuat pulau di kasur.

Sebulan sudah dia berhasil mengontrol kandung kemihnya. Tapi pernah cuma sekali ngompol. Dia bilang besok paginya kalo ‘aku mimpi pergi ke kamar mandi trus pipis di kamar mandi’ hahaha….saya juga pernah mimpi ke kamar mandi trus ngompol di kehidupan nyata…haha!!dimaklumin lah.

Kesimpulannya, anak itu pasti mengerti harus bertindak seperti apa. Belajar dan jangan mudah menyerah kalo belajar. Beri pengertian, diskusi dan reward yang menyenangkan tanpa harus mengeluarkan uang.

Selamat mencoba ya mama…ingat jangan mudah menyerah

Bus Rapid Transit (BRT) Semarang J, Juli , 2015

Posted by mirya18061985 in Uncategorized.
add a comment

Karena jauhnya jarak rumah dan kantor sangat jauh, itu membuat ku mengambil pilihan untuk menggunakan transportasi umum. Kebetulan ibukota Jawa Tengah baru baru ini mengeluarkan mode transportasi Bus Rapid Transit (BRT). Salah satu transportasi terintegrasi, nyaman, sejuk serta santun. Memang, banyak kota besar di Indonesia sudah banyak yang menggunakan tranportasi seperti ini. Lumayan lah Semarang sudah setara. Punya yg mode seperti ini.

Daripada Naik motor,capek pinggangku. Memang lebih cepat, tapi biaya bensin hampir sama dengan biaya karcis pulang pergi.

Bus Rapid Transit (BRT) adalah salah satu tranportasi terntegrasi yang ada di kota Semarang. Kendaraan ini berbentukn Bis dengan tempat duduk saling berhadap hadapan, di bagian tengah bis, penumpang hanya bisa bergantungan. Bis ini ber Ac, Supirnya santun, begitu juga dengan asisten supirnya yang rapi dan ramah. Kebanyakan asisten supir adalah wanita mengenakan Jilbab.

Penumpangnya pun tidak sembarangan, mereka dress-up rapi dan wangi, kalo tidak rapi bikin malu. Banyak juga peraturan di dalamnya, 70% dipatuhi, seperti Perempuan duduk di belaang,Laki laki duduk di depan. No Smoking. Tempat duduk prioritas dll

Harga tiket jauh dekat hanya 3500 Rupiah, apabila transit di Shelter(halte) yang besar, tidak akan akan dikenakan biaya.

Panduan naik BRT:

  1. Dishelter kecil wajib berdiri mendekat ke jalan

Jangan duduk santai saja, karena BRT tidak akan menghampiri anda. Mereka pikir anda hanya numpang duduk diditu. Ini berlaku apabila BRT sdh didekat shelter. Kalo belom keliatan yaa bolehlah duduk duduk santai. Tapi keep your eyes yaaa, jangan sampai terlewat

  1. Siasati rute

Sejauh apapun rumah anda, anda hanya akan membayar 3500 saja. Ini berlaku jika anda berpindah di shelter besar atau shelter transit. Untuk mengetahui rute, anda bisa searching di internet, rute BRT lewat mana saja shelternya. Sbg contohnya, ini rute saya, Ungaran Sisemut – Imam BonjoL Semarang (dekat Tugu Muda). Waktu tempuh 1 jam.

  • Naik BRT dari Ungaran Sisemut (ke arah Terboyo) – Transit di Pemuda Semarang (Shelter transit) – Naik BRT Cangkiran (ke arah Tawang) – turun di shelter Imam Bonjol
  • Naik BRT dari Ungaran Sisemut (ke arah terboyo) – Transit di Elizabeth Semarang (shelter transit) – naik BRT Simpang Lima (ke arah Simpang ima) – turun di shelter Imam Bonjol

Arah pulang

  • Naik BRT Elisabth Simpang lima – transit di shelter Elizabeth – naik BRT ungaran (ke arah Ungaran Sisemut)
  • Naik BRT Cangkiran BSB City – Transit di Pemuda Semarang – naik BRT ungaran (ke arah Ungaran Sisemut)
  • Naik BRT Elisabeth simpang Lima – transit di Pemuda Semarang – Naik BRT Penggaron (arah penggaron, untuk nyebrang dan transit ke shelter Pemuda yang sebelah Timur) – Naik BRT ungaran (arah Sisemut)

 

Kesimpulannya tergantung kebutuhan anada, ingin yang cepat, ingin keliling kota, atau ingin yang sepi. Semua bisa disiasati

 

  1. Halte Ungaran dan Penggaron paling ramai

Yang satu ini juga wajib dipantau, dari pengalaman saya sebagai penumpang, bus jurusan tersebut yang ramai penumpang, apalagi waktu jam sibuk, jam kantor atau jam sepulang sekolah. Untuk jam operasioanl BRT dari pagi jam 6 pagi sampai jam 6 sore

Saya sebagai penumpang, sama seperti penumang lainnya ingin duduk nyaman disana, apalagi yang namanya bisa duduk di bus saat sedang ramai penumpang, kecuali kalo kena wasir, jadi harus berdiri bergelantungan haha. Berdasarkan pengalaman saya sbg penumpang, kalau anda ingin bisa duduk berikut beberapa triknya:

  1. Kursi prioritas biasanya didekat pintu

Jangan pernah duduk di dekat pintu, kecuai kalo hanya kursi itu yang tersisa. Karena biasanya kursi didekat pintu diprioritaskan untuk Wanita hamil, penumpang cacat kaki, Lanjut Usia, Wanita bersama anak. Jadi apabila anda duduk dikursi itu, siap siap saja untuk diusir secara halus, atau minimal hati anda akan tergerak dengan sendrinya menyingkir dari kursi itu karena kursi itu diperuntukkan bagi mereka.

  1. Berdirilah paling belakang

Apabila bus sedang dalam keadaan full penumpang, ini mengharuskan anda untuk berdiri bergelantungan, tidak ada pilihan lain, eit, tapi masih ada lho triknya. Bergantungan saja di tempat paling belakang, karena biasanya kesempatan disana lebih banyak. Penumpang yang duduk di samping kanan kiri apalagi paling belakang itu tidak selamanya tujuannya sejauh anda, siapa tahu di shelter berikutnya mereka turun, dan tempat duduknya buat anda, selamat duduk dengan tenang.

  1. Duduk paling pojok belakang

Tau kan posisi nya dimana, itu posisi uenak, lumayan banyak penumpang yang mengincar tempat duduk itu. Kalau anda beruntung, anda bisa mendapatkan tempat duduk super nyaman itu. Karena tempat itu posisi nya tercepit, jadi, apabila ada ibu ibu yang bergantungan, anda tidak perlu menyingkir dari tempat duduk anda, karena posisi itu tercepit, sangat tidak mungkin anda pegi dari situ, bonusnya, anda bisa dengan nyaman menikmati pemandangan di samping bis. Selain itu posisi anda paling enak, karena menghadap ke depan, kecil kemungkinan untuk pusing. Kejelekannya, kalau anda sudah sampai di shhelter anda, anda akan kesusahan keluar dari kerumunan orang, kecuali anda turun di shelter transit, karena banyak orang yang turun disana.

Berikut panduan dan trik yang bisa saya share kepada calon pengguna dan seluruh pengguna BRT di Kota Semarang.

 

Operasi Kuret J, Mei , 2015

Posted by mirya18061985 in Uncategorized.
Tags: ,
add a comment

20 April 2015

Pagi hari yang dimulai dengan kegembiraan, dimana saya mendapati 2 strip garis untuk hasil test pack saya, itu tandanya saya sedang isi alias hamil anak ke dua. Sore hari nya saya langsung kontrol di RS Swasta di Semarang H*rm*n*. Dan dokter disana bilang memang saya positif hamil, di cek USG, sdh ada kantong rahim berusia 6 minggu, dan calon ari ari. Good news, saya memang sudah menunggu moment ini selama setahun, baru dikasi sekarang, Puji Tuhan. 1 bulan kemudian….

21 Mei 2015

Pagi hari itu sebulan kemudian, saya mendapati flek darah tapi hanya sedikit saja. I was shocked. Dan malam harinya saya sempatkan untuk ke Obsgyn, kan memang seharusnnya jatah kontrol USG. Menurut hitungan saya, usia kandungan hampir 12 minggu. Sewaktu antri cek kandungan sampai jam setengah sebelas malam, saya mendapati kabar buruk, janin saya divonis tidak berkembang. Kantong rahimku kosong. Ada bakal janin kecil sekali tapi tidak berkembang, seharusnya diusia segitu, sudah ada detak jantung dan lengkap dengan tangan dan kaki jabang bayi. Tapi kami tidak mendapati apa apa malam itu seperti apa yang kami harapkan.

22 Mei 2015

Rasa nya tidak percaya, mencari second opinion, ke bidan kepercayaan ku, yang menangani Vella anak pertamaku lahiran, hasilnya sama, Blighted Ovum, kandungan kosong, tidak ada tanda tanda kehidupan. Bidan tersebut menganjurkan untuk dibawa ke dokter saja karena beliau tidak berani meng eksekusi utk kuret atau lain sebagainya. I feel depressed, shock, sedih, it was like the end of the world, but I have to make up my mind, life must go on. Paling susah mengatakan hal ini sama si vella yang sudah terlanjur seneng mau dapet adek. Saya bilang ke dia kalo adek nya mau diambil Tuhan Yesus, dia marah dan nangis, ‘maunya adikku diperut, jangan diambil!!’ ahh saya jadi ikutan nangis, memang paling susah kalo denger anakku yang masih 3 tahun ngomong dengan polosnya, dan meng ekspresikan secara langsung seperti itu. Third opinion, saya bawa lagi ke rumah sakit lain keesokan harinya

23 Mei 2015

BPJS I

Karena kami sdh tidak memiliki fasilitas asuransi dari kantor sebelumnya, kami ber inisiatif menggunakan BPJS kami, secara suami baru saja bulan itu pindah kerja di perusahaan lainnya. Pertama kalinya kami menggunakan kartu Asuransi dari pemerintah itu, kami butuh banyak info waktu itu. Begitu kami tau butuh rujukan di Puskesmas yang ditunjuk atau faskes yang terdapat di kartu, kami pagi pagi langsung minta rujukan ke Puskesmas untuk Curettage atau tindakan kuret dikarenakan Bliighted Ovum. Setelah mendapat rujukan, kita langsung terbang ke RSUD yang ditunjuk.

RSUD

Yaitu salah satu RSU di daerah Ketileng Semarang, kami memilih disana karena tidak ada pilhan lain. Hehe alasan yang aneh ya. Antrenya panjang sekali karena memang kebanyakan orang disana meggunakan kartu sakti pemerintah itu. Ya harus sabar, karna kita Cuma orang biasa bukan presiden. 2 jam berlalu akhirnya saya sdh ketemu dgn dokter Obsgyn yang bertugas di sana. Third opinon, dokter tersebut mengatakan hal yang sama, dimana janinku tidak berkembang, tapi dokter tersebut mengatakan untuk menunggu 1 mggu dan kembali lagi ke sana. Hmm…tanpa berpikir panjang lagi, dan memang 2 opini dokter lainnya mengatakan hal yang sama, ada baiknya apabila langsung dieksekusi. Dikuret hari itu juga, karena tidak mungkin saya undur lagi daripada menjadi hal yang tidak baik. Sekarang saatnya mencari solusi dan melanjukan hidup. Tidak mungin terus terus an tenggelam pada suatu hal yang memang sudah di gariskan seperti itu. Sakit memang rasanya harus menerima kenyataan, tapi itu adalah kenyataannya.

Dokter tersebut bilang kalo sudah mantab untuk kuret, tindakan bisa dilakukan hari itu juga jam 2 siang.

Menunggu 2 jam itu lama sekali, karena saya sudah memantabkan pilihan untuk tindakan kuret, ya saya harus meneguhkan hati. Suster suster yang menangani operasi suda wara wiri cek ini itu. Tepat setengah jam sebelum operasi, saya langsung di suruh pakai baju operasi.. lalu suster tersebut memasukkan obat lewat jalan rahim, tujuannya obat itu untuk membuka jalan lahir, mungkin semacam induksi supaya nanti nya sewaktu dikuret bisa membuka jalan lahir dan bisa dibersihkan secara maksimal. Jam 2 siang kurang 15 menit, saya di geledek menuju ruang operasi, disana ada suami dan anakku yang centil si Vella ikut nunggu mamanya di luar ruang operasi. Papanya bilang, adek mau diambil Tuhan Yesus habis ini’, air mata ku mengalir lagi mendegar itu saat terakhir kali sebelum pintu ruangan operasi ditutup. Disana saya berdoa pada Bnunda Maria mohon pendampingan supaya operasi berjalan dengan lancar. Saya disuruh pake topi operasi warna hijau, dan saya mendapati anak anak muda yang adalah surgeon, dengan pakaian hijau, masker mulut hijau serta topi operasi warna hijau. Saya tidak bisa lihat wajahnya, tapi kalau dilihat dari mata mereka, mereka masih muda. Mereka yang disana bersuara keras dan berceloteh mengenai hal hal lucu khas anak muda, mungkin ruangan di beri atmosfer candaan anak muda, supaya tidak terasa tegang. Saya masuki becandaan mereka, dan mereka juga senang sepertinya saya berekasi. Lalu, salah satu dari mereka menyuntikan sesuatu di infus saya. Mungkin itu anestesi, tapi whateverlah, saya sudah pasti dioperasi, jadi ya pasrah aja. Lalu ada senior atau supervisor disitu, wanita yang lebih tua dari anak anak muda itu, wanita itu marah marah bilang ‘cepet!!’ anak anak muda itu menimpali dengan guyonan. Hmm…dan katanya, saya pasien kuret ke 7 hari itu, banyak juga. Mereka juga sempat kaget, kuret lagi??saya juga gak percaya kalo yang kuret banyak sekali hari itu. Akhirnya saya masuk ke ruang operasi, the real ruang operasi. Dimana saya melihat 4 lampu ala operasi diatas kepala saya. Mereka mulai mengarahkan ke atas badan saya. Lalu saya di tempelin dengan alat pendeteksi jantung dsb. Hmm, kapan saya tidurnya?kok gak terbius sih, ayo merem donk. Tenyata saya disuruh duduk, dan di belakang saya, wanita yang tadi marah marah menyuntikkan sesuatu di tulang belakang saya, kaget dink, trus saya merasakan ada sesuatu yang mengalir sampai ke kaki, tiba tiba kaki jadi kesemutan dan mati rasa. Lalu saya disuruh berbaring lagi. Saya melihat besi setengah kotak yang digunakan untuk menutupi sewaktu orang operasi caesar, hehe saya pernah lihat d tv. Dan tiba tiba saya tidak sadar.

Tidak lama kemudian saya bangun dari tidur, tapi posisi masih diruang operasi. Okeee ditutupin sih, dan gak kerasa apa apa karena di mati rasa, lampu operasi yang terbuat dari stainless steel memantulkan gambar, ya terpantul gambar operasi ku sendiri, saya melihat 3 atau 4 orang mengambil sesuatu di jalan rahim saya, kayaknya saya masih setengah sadar, tapi saya masih ingat benar keadaan mengerikan itu. Tiba tiba anak muda itu bilang sudah selesai, saya gak percaya, dan bilang kok sudah selesai? Beneran? Masa? Cepet banget?cuma 5 menit. Mereka masih saja tetap bercanda sambil menggeladakku keluar ruang operasi. Suara yang paling tidak asing di belakangku, adalah suara vella si cerewet, dan saya langsung panggil nama vella setengah berteriak ‘VELLA’ dia kaget dan lihat ke arah saya, saya cuma tersenyum sambil melambaikan tangan ke arahnya.

12jam katanya menunggu setelah operasi, baru boleh duduk apalagi berdiri. Ya sudah saya bergumul dgn darah, untungnya tidak terlalu banyak. Dan benar saja, malam itu saya tidak bisa tidur karena pengen mandi, gak enak badannya kotor apalagi ada darahnya. Lalu saya merem melek sambil menuggu jam 3 pagi supaya saya bisa duduk. Yang namanya pipis saja harus pake pispot, hehe ya jelaslah tidak biasaa, mana bisa keluar pipis sambil tiduran, kayak orang ngompol. Ya wis lah saya tunggu sekalian sampe jam 3 pagi, sampai kandung kemih penuh banget.

Saat itu saya dapat ruang kelas 1, di ruangan itu ada 1 orang lagi, ruangan hanya disekat dengan tabir. Tapi gak adil, karena ac nya di atas pasien satunya lagi, dan kursi panjang untuk tidur juga ada di sisi sebelah sana. Suami ku malam itu tidur beralaskan koran saja dan bawa bantal sendiri dari rumah. Ya sudahlah, tujuan disana kan bukan menginap tapi kuret hehe. Disabar sabar in saja. Disebelah saya itu kalo gak salah namanya iin, dia ibu muda yang baru saja melahirkan 1 anak kemarin. Jenis kelamin anaknya laki laki, anaknya anteng gak suka nagis, dia sepertinya sedang khawatir karena anaknya gak mau mimik asi.hehe.

Tik tok tik tok akhirnya jam 3 pagi, saya coba duduk pelan pelan, nothing was happened, dan saya pelan pelan turun dari ranjang, biasa aja tuh gak ada rasa sakit apa apa. Kondisi saya sewaktu itu compang camping, masih pake kostum operasi berdarah2, saya dengan cepat ambil tas, ganti baju, dan mau mandi. Trus berkemih, biasa aja tuh, tidak sakit trus saya bersih kan diri dari darah, ganti baju dan pake pembalut. Tapi gak jadi mandi, takut sakit dan masuk angin kan masih jam 3 pagi.

Trus saya jalan di lorong cari suster, minta ranjang saya dibersihkan supaya saya bisa tidur woah sudah bersih dan bener saja saya langsung bobok merem sampe jam 6 pagi. Bangun tidur, saya langung mandi trus makan. Tapi agak sedikit pusing, mungkin karena kurang tidur. Saya tunggu kedatangan dokter, kan katanya saya sudah boleh pulang hari itu. Dokter jaga disitu berkunjung pag hari, dan bilang saya sudah boleh pulang. Nha leganya, saya sudah bisa melewati operasi dengan lancar, dan saya juga masih diberi kesehatan. Saat nya mengurus administrasi

BPJS II

Saat itu kami langsung minta keterangan pulang dari dokter pada hari minggu. Dan saat suami mengurus BPJS, ternyata petugas bilang kalo sebaiknya pulangnya besok senin saja karena tidak ada petugas BPJS yang bertugas hari minggu. Huft, saya sdh bosan disana, dan ingin pulang. Penyembuhan akan lebih cepat kalo saya ada di rumah. Dan akhirnya, kami memutuskan untuk pulang hari minggu dan bayar biaya rumah sakit sendiri. Biaya nya murah karena tindakan operasi kecil habisnya hanya 2 jutaan.

24 Mei 2015

Tidak ada sakit di bagian jalan lahir , perutpun gak sakit. tapi saya masih merasakan sakit di kepala yang teramat sangat apalagi bagian leher. Huft, gak tahan kalo duduk, harus tiduran mulu. Setelah saya cek tensi di apotek terdekat, tensi saya turun 108/68. Wow, kepala ini kok masih sakit saja. Apakah efek adari tensi rendah/hipotensi? Saya langsung search googling gimana caranya supaya menaikkan tekanan darah. Makan ampela ati ayam dan kacang ijo salah satunya, hehe. Mungkin ini akibat salah tidur an kurang istirahat. Aha!! Benar saja, saya langsung pergi ke tukang pijet langganan, dipijat dan dikerok bagian leher. Aseli merah merah dan memang dugaan saya ternyata benar.

Rabu, 27 mei 2015

Saya nekad saja masuk kerja, hampir gak kuat, karena masih ada efek sakit leher. Yah sambil tidur2an saja dikantor, huhu. Dan pada malam harinya ternyata semakin membaik kondisi saya. Dan ini terus berlanjut keesokan harinya. Besoknya saya sudah bukan lagi jadi manusia yang sakit sakitan. Hehe…saya sudah sembuh secara fisik dan mental.

Tinggal menyelesaikan masa nifas yang katanya 2 minggu, tapi di hari 3 sdh hampir tidak ada darah, sangat cepat. Dan baru boleh berhubungan suami istri setelah mens 1. Setelah itu, kami diperbolehkan dan diberi kesempatan untuk hamil lagi setelah 3 bulan kemudian. J

Disaat Tidak Bisa Memilih J, Desember , 2014

Posted by mirya18061985 in Uncategorized.
add a comment

Mungkin banyak yang punya cerita di hidupnya. Banyak cobaan yang datang silih berganti. Tapi kali ini aku harus menuliskan cerita ini disaat aku terdesak oleh keadaan. Ceritanya, banyak rencana di bulan desember dari acara natalan dan acara lainnya bersama keluarga. Pada waktu itu, suamiku sudah di aba aba untuk operasi sinus, yah memang tidak ada pilihan lain selain operasi karena imbas penyakit itu membuat suamiku tidak tahan, dia sering mengeluh pusing, mengeluh sakit disana dan disitu. Sebenarnya kami bingung memilih hari yang pas untuk operasi, bukannya cocok , gak bagus atau tidaknya tanggal dan hari menurut penanggalan jawa, tapi kami mencari hari dimana aku sudah agak bebas dgn pekerjaan kantor misalnya hari jumat sabtu atau minggu jadi aku bisa nemeni dia di rumah sakit. Tapi karena tidak tahannya pusing, suamiku segera menghubungi rumah sakit dan menunggu kamar kosong sesuai dengan permintaan suamiku. Memang kami memiliki asuransi dari kantor yang meng-cover biaya rumah sakit. dan hari yang ditunggu telah tiba, rumah sakit menghubungi dan menginformasikan bahwa sudah ada kamar kosong di hari selasa di minggu ke 2 bulan desember. Hmm…sebenarnya aku agak berpikir karena seandainya hari itu operasi, aku masih berkutat dgn pekerjaan kantorku. Yahh..tapi apa boleh buat daripada dioperasi sewaktu hari natal dan pertimbangan lainnya penyakitnya yang semakin tidak bisa di tahan. Padahal di munggu itu, tepatnya di hari jumat, suamiku ada acara natalan kantor, di hari jumat juga aku ada acara natalan kantor di kota kudus, ditambah lagi, ada acara natalan di sekolah vella. Okee, setelah masuk ke kamar yang diminta, waktu itu kami request kamar 1+ di hari selasa, ternyata dokter bilang operasinya hari rabu jam 8 malam, jadi aku bisa nemenin dia setelah operasi, aku juga sudah ijin di hari kamis. Rabu malam, aku sdh siap menunggu di rumah sakit, dan anakku ternyata sakit panas tinggi, aku gak ada pilihan lain selain mengajak vella tidur rumah sakit sambil menunggu papahnya. Waktu itu jam 9 malam, aku dan anakku sudah sampai rumah sakit, vella sudah di bobokin di kasur tunggu rumah sakit. suamiku sudah masuk ke ruang operasi. Aku menunggu sendirian di dalam kamar bersama vella yang sudah tidur. Dan kedua orang tuanya menunggu didepan kamar operasi. Waktu seperti berhenti, sepertinya jam dinding nya juga gak bergerak, mungkin jam nya rusak. Ahh..menunggu itu menyebalkan. Akhirnya aku tertidur tanpa sengaja, aku terbangun terkaget kaget, tapi jam masih menunjukkan jam 9.30, ugh yang operasi belom kelar juga. Kayaknya udah tidur lama sekali tapi ternyata cuma bobok 20 menit. Hmm…vela juga sudah bobok, tapi badannya masih panas, sewaktu itu tidak ada kekhawatiran sewaktu vela panas, tapi kan hari jumat mau natalan di sekolah,,, seharusnya besok sembuh panasnnya. Jam 11.00, aku ternyata terbangun dari tidurku yang kedua karena pintu kamar dibuka, suasana sangat sunyi sewaktu itu Cuma ada suara ranjang dorong memasuki ruangan. Aku lihat suamiku masih dikuasai obat bius. Dan hidungnya juga dtutup kasa rumah sakit. setelah suster nya keluar, mertua datang dan pamit mau pulang. Suamiku mulai meracau minta minum, haus, dll. Suster bilang minumnya nanti 3 jam setelah operasi, kurang lebih jam 2 pagi baru boleh minum. Hmm…mana aku bisa tidur sampe jam 2 pagi. Anakku terbangun lagi mungkin karena badannya panas dan tidak enak badan. Jam 2 pagi aku kasih minum suamiku, dia agak kesulitan minum, karena hidungnya ditutup, jadi otomatis dia makan, minum, dan bernapas dari mulut. Bayangin aja hidung kita ditutup sambil bernapas dan ngomong atau makan dan minum. Ribet banget. Setelah minum, sudah bisa buka matanya dan sadar, tapi masih ada sedikit kekuatan obat bius.pagi hari, aku bangun seperti biasa, aku mandiin vela, kasih makan, kasih obat panas vella. Aku juga urus suami, nyuapin dan super ribet karena makan harus hati2. Tapi hari itu aku bisa lah handle. Jam 9 pagi anakku bobok, suamiku juga bobo karena dikuasai obat obatan. Aku selimuti anakku sampe sebatas leher anakku, suamiku juga sudah pulas, mulutnya sedikit terbuka karena dia harus bernapas melalui mulut. Aku gak bisa tidur, karena biasanya memang gak tidur, aku ngurusin kerjaan dulu via bbm an sama teman kantor. Jam 11 siang menuju tengah hari, suhu badan anakku perlahan mulai pulih menuju normal, tubuhnya mulai berkeringat, fiuh semoga segera sembuh vella, dan setelah jam 12.30 suhu tubuh vella sudah normal, puji tuhan dia besok bisa ikut acara natalan. Kondisi suamiku masih sama seperti biasanya dikuasai obat bius, mnta di suapin dsb, anakku dan aku meninggalkannya sebentar karena aku mau merayakan kesembuhan vella, dengan membelikannya makanan yang di suka di kantin rumah sakit, dia happy banget bisa ikut natalan di sekolahnya besok karena sudah sembuh. Sore hari, ortu kami berdua datang meramaikan suasana, dan aku sedih malam ini aku harus meninggakanya sendirian di rumah sakit. besok aku harus mengantar vella ke sekolah untuk mrayakan natal..gimna ya….dan kayaknya mertuaku agak gimana gitu tahu kalo tidak ada yang menunggui nya dirumah sakit, selain itu aku harus ikut acara natalan kantor dikudus. Aku gak bisa apa apa kaena aku harus perform di sana. Ck. Malam hai dirumah tiba tiba suhu badan vela panas lagi. Gimana ini, aku tanya ke vella dia semangat banget ikut acara natalan di sekolahnya. Aku berangkat antar vela naik taxi karena hari hujan. Sesampai disekolah dia semangat ikut natalan, dan matanya agak sedikit lesu karena sakitnya kembali lagi. Aku meninggalkannya di sekolah, aku percayakan ke guru anakku. Kebetulan aku masuk jam 10 pagi, jadi jam 9 aku sempatkan lihat vella di temat acara natalan. Trus dia suka banget lihat aku datang, dan dia minta gendong mungkin badannya masih sakit, dia tiba tiba gak mau turun, gak mau duduk sendirian nangis minta gendong, dia nangis semakin keras, aku kecewa bgt kalo aku datang kesana malah vela nangis kayak gitu. Trus aku pasrahkan ke miss vita aja, aku pergi meninggalkannya, jam 10 aku sampai kantor dan mengerjakan pekerjaanku. Jam 12.00 siang aku ke rumah sakit sebentar dan lihat kondisi suamiku. Hmm ada keluarga nya juga yang datang. Setelah sampai kantor, jam 2 aku persiapan untuk acara dikudus, sebenarnya hati ini gak rela ninggalin suami ke kudus, pasti nanti menimbulkan masalah. Dan apa yang kutakutkan terjadi, bukan suamiku tapi vella, jam 8 malam aku diberitahu vela nangis cari aku, waktu itu posisi di kudus, aku bingung mesti gimana. Aku Cuma bisa pasrah sama keadaan, mau nangis gak bisa, trus setelah itu, aku berdoa semoga acara ini segera berakhir, jam 9 akhirnya acara makan makan malam. Dan jam 10 kurang kami meningglkan kudus, sesampai dirumah, aku dapati vela sudah bobok dengan eyang nya. Aku akhinya bisa bobok sama vella yang badannya masih panas, aku gak hubungi suamiku dulu , gak tanya gimana keadaanya, karena aku fokus ada anakku. Aku kebingungan waktu itu, ahh semoga hari terus berlalu, satu hari lagi , hari sabtu aku masih masuk kantor,, dan pagi hari sabtu itu aku ke rumah sakit, dan suamiku saat itu sedang di lakukan operasi kecil, pengambilan tampon di hidungnya, karena dijadwalkan sabtu siang dia bisa pulang. Setelah itu jam 8 kurang 10 menit aku lihat suamiku sudah tidak menggunakan penutup hidung lagi tapi masih disumpal kapas hidungnya, rencana mau diambil hari senin karena masalah berdarah darah. Lalu aku meninggalkan rumah sakit, karena jam 8 aku harus kembali ke kantor, aku sedih banget ternyata cuaca tidak bersahabat, hujan pagi itu keras sekali, aku menerjang hujan pakai motor. Dan sampai kantor terlambat 20 mnit. Aku meninggalakan vela yang masih panas dan suamiku yang terbaring lemah tak berdaya. Akhirnya aku diperbolehkan pulang jam 12 siang. Dan suamiku agak sedikit marah karena kejadian semalam, tapi ak minta pengertian suamiku. aku meninggalkan vela dan dirinya dalam kondisi seperti ini, dan aku dikudus bersenang senang, aku sama sekali tidak punya pilhan lain, aku kebingungan di kudus, aku gak hepi waktu itu. Baginnya, aku tidak bisa diharapkan karena aku lebih memilih pekerjaan, aku Cuma minta pengertian, aku capek, badan juga capek, aku mondar mandir kesana kemari, demi kalian berdua, aku sempatkan waktu untuk kalian, aku gak hepi ,aku kepikiran terus kalian berdua, tapi ya sdh. Aku minta tolong papahku untuk menjemput, badanku tiba tiba panas, pandanganku buram seketika, aku tidur di mobil, aku sakit disaat saat terakhir perjuanganku. Tuhan apa lagi ini?kenapa semua ambruk? lumayan juga bisa tidur di mobil, tapi aku masih merasa berat sambil mengurus administrasi suamiku di rumah sakit, angkat angkat barang di rumah sakit. sesampai dirumah, aku tepar, aku gak bisa duduk dan gak bisa bangun, pengennya nyuci baju, suapin suami, ngapa ngapa in, tapi panasku mencapai 40 derajat. Semua sakit. aku bobok sambil mengigil di bawah selimut, aku sempatkan minum obat, dan jam 7 malam, akhirnya aku berkeringat luar biasa, tapi yang penting pandanganku sudah terang benderang, lumayan juga sih obat yang kuminum, memang setelah panas tinggi seperti itu, badanku tidak langsung pulih masih ada sisa sisa tenaga, pastinya aku disuruh istirahat. Dan aku bisa kumpul keluarga, dan entah bantuan dari siapa, tiba tiba adikku dr bandung pulang ke semarang utuk janji temu dengan programmer untuk kepentingan thesis s2 nya, dia mungkin dikirim Tuhan untuk bantu bantu di rumah. Keajaiban itu bisa terjadi dimana saja. Luar biasa. Di hari minggu semua masih berjalan seperti apa adanya, kami mempersiakan diri untuk besok senin, suamiku senin mau diambil kapas di hidungnya, vela juga masih punya semngat sekolah, dia juga sedang pemulihan, aku juga sedang pemulihan, jadi kami semua intinya harus istrahat. Yah iulah sedikit cerita dari aku dimana aku harus berjuang sendiri mengobati suami dan anakku, dan akhirnya aku harus kecapekan dan sakit. dimana tidak ada pilihan lain, tapi aku yakin sekali pasti ada keajaiban di setiap air mata.

Semarang – Malaysia pertama kali 3 hari 2 malam (Berangkat LCCT – Pulang KLIA 2) J, Mei , 2014

Posted by mirya18061985 in Uncategorized.
15 comments

Penerbangan langsung Semarang Malaysia adalah salah satu alasan kenapa saya dan suami memilih destinasi liburan kami berikutnya. Pengennya sih ke Bangkok, tapi kalo harus transit dulu, butuh spekulasi waktu yang tepat dan waktu cuti yang tidak sebentar.

Satu bulan sebelum keberangkatan, kami memesan tiket dengan tanggal bagus dan harga bagus. Akhirnya kami mendapatkan tanggal  berangkat 8 mei 2014 dan pulang 10 mei 2014 dengan AirAsia. Dan seperti biasa kami selalu backpacking kesana. Persiapan selanjutnya adalah booking hotel lewat jasa tour and travel. Pilihan kami jatuh di Apple Hotel di kawasan tengah kota Kuala Lumpur yaitu di Jalan Alor dekat Bukit Bintang. Hotel kami tidak ada fasilitas breakfast, tapi kami tidak khawatir karena jalan Alor terkenal dengan food street, khususnya Chinese food. Persiapan berikutnya tukar uang Ringgit, kami sewaktu itu tukar 2.500.000 saja.

Tanggal keberangkatan sudah tiba, dan kami mendapatkan jadwal terbang 8.55 pagi. Perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam lebih, tapi selisih waktu di Malaysia terpaut 1 jam dengan di Indo. Sampailah kami di LCCT (Low Cost Carrier Terminal) Malaysia jam 12.30 waktu MAS.

Bandara LCCT memang tidak terlalu besar karena bandara itu memang hanya untuk pesawat yang Low Cost saja. Tidak begitu membingungkan bandara LCCT, tinggal ikuti saja petunjuknya sampai pintu keluar. Sebelum pintu keluar, kami melihat loket bis ke berbagai tujuan, kita memilih SkyBus by AirAsia yang tujuannya langsung ke KLCC (Kuala Lumpur City Centre). Harganya naik jadi 10RM/orang. Perjalanan kami cukup memakan waktu 1 jam, dan kami habiskan dengan tidur di bus.

Sampai di KLCC, kami agak kebingungan kemana dan naik apa kami ke Bukit Bintang menuju hotel kami menginap. Orang orang disana tidak cukup membantu, kami naik turun tangga kesana kesini, padahal counter tiket sudah didepan kami, haha. Setelah kami menanyakan, kami bisa naik monorail, selain murah dan cepat, alat transportasi ini juga mudah. Kami beli tiketnya seharga 4RM utk 2 orang, rasanya seperti naik MRT di Singapore tapi lebih kecil saja. Dan bedanya kita mendapatkan tiketnya berupa koin berwarna biru. Koin tersebut kita ‘tap’ di mesin dan simpan koin tersebut sampai di area tujuan. Setelah sampai ke tujuan, masukkan koin tersebut di gerbang keluar. Ohya, demi kelancaran komunikasi, kami membeli kartu Malaysia Tune Talk seharga 25RM cukup untuk telpon sms local international dan yang terpenting full service blackberry selama 1 bulan.

Sampai di Bukit Bintang, saya langsung bisa merasakan atmosfer kota metropolitan, dan saya pernah melihat area tersebut di gambar2. Lalu lintas disana cukup padat, bisa saja terjadi macet. Mobil di Malaysia sejenis mobil kecil sperti mobil murah ‘agya’ atau ‘ ayla’ dan banyak juga mobil mobil tua yang masih beredar disana, memang berbeda dgn Singapore yang mobilnya serba mewah dan anti macet. Sampai disana pun, saya bisa melihat Gedung Sungei Wang Plaza, gedung Berjaya Times Square, Menara kembar Petronas dan Menara Landmark Malaysia. Kami langsung cari dimana hotel kami berada, dan tak jauh dari situ, Jalan Alor sangat sangat dekat disitu dan kami langsung menemukan Apple Hotel.

Check –in disana kami dimintai Deposit sebesar 100RM atau boleh dalam bentuk Rupiah sebesar 300.000Rupiah. hotelnya kalo saya review, 4:10, yaa tapi tak apalah, karena kami hanya sementara disana, hanya untuk tempat tidur saja. Ada kamar mandi, dan TV flat. Lalu kami langsung mengisi perut di depan hotel. Banyak makanan Cina berjajar dan banyak pilihan, harga rata rata 8 – 30RM. Kami makan Woontoon Noodle with Pork dan Nasi Goreng with Pork. Hati hati disini banyak makanan yang tidak halal, jadi harus pandai pilih makanan. Ohya, kalo mau minum, sebutlah Tea-o apabila anda hanya mau teh saja, kalo menyebut Tea, bisa bisa teh nya dicampur susu.

Kenyang, mandi lalu kita pergi  ke Sungei Wang Plaza demi mencari titipan minuman Milo Malaysia. Akhirnya saya beli Milo kaleng 1.5kg dan milo sachet yang banyak sekali. Saya juga beli baju utk oleh oleh disana, harga nya sih rata rata 25-30RM. Kita tidak buang waktu malam itu, kita langsung ambil Monorail seharga 4.2RM (2org) ke arah bukit Nanas tempat dimana Landmark of Malaysia di tempatkan. Jalannya lumayan jauh sih, tapi pemandangannya bagus jadi tidak terasa. Semangat!!. Gedung petronas sudah semakin dekat. Yeheee…lalu kami foto foto di tengah jalan utk mendapatkan foto terbaik dgn background petronas. Kami tidak masuk ke Gedung petronas, karena selain mahal juga buang waktu. Kami kembali ke Hotel untuk istirahat malam.

Keesokan harinya, kami bangun pagi supaya tidak kehilangan waktu banyak. Pagi itu kami kembali menuju KLCC untuk naik KTM Komuter menuju Batu Caves di daerah Gombak sana. Harga KTM Komuter utk 2 orang 8RM PP. murahh yaa. KTM Komuter itu alat transportasi sejenis kereta api cepat. Kereta nya bagus sekali, bersih dan cepat. Berjalan memakan waktu kurang dari 25 menit. Sesampai di Batu Caves, kita langsung melihat patung yang berwarna keemasan di area bertebing. Yehee.. kita sudah sampai. Opini saya sesampai disana adalah aneh karena area itu lebih mirip sperti tebing yang dikepras padahal di sekitarnya adalah kota dan juga terdapat gedung2. Kalo diindonesia, wisata alam tebing seperti itu biasanya sekitarnya adalah hutan atau gunung. Disana banyak orang orang india karena memang disana tempat mereka melakukan pemujaan ke para dewa. Hati hati copet ya. Selain berfoto dgn background patung, disana juga ada burung dara yang dibiarkan bebas. Setelah puas, kami lanjutkan perjalanan pulang ke KLCC kembali naik KTM Komuter. DiKTM komuter itu tersedia gerbong untuk Ladies only.

Dari KLCC kita lanjut perjalanan ke area Masjid Jamek . Kawasan itu adalah kawasan yang tidak boleh dilewatkan. Disana adalah kawasan metropolitan juga. Kebetulan kami jalan jalan dan menemukan restaurant Kampung Bahru (restorant Halal). Kita makan enak disini, bukan makanan cina bukan makanan western food, tapi makanan ‘ndeso’. Kita makan Prasmanan alias ambil sendiri. Saya ambil lauk ayam dan sosis, suami ambil sarden dan kerang sepanci kecil, habisnya cuman 9.9RM, muraaahhh bingitzz!!!rasanya Endonesa banget…kita puas banget rasa yang ‘ndeso’ begini. Nha, saking enaknya, suami saya nambah lagi satu piring sarden dan nasi harganya Cuma 1RM. Gilaa!!

Setelah perut terisi, kita lanjutkan perjalanan ke Dataran Merdeka atau Merdeka Square. Disana adalah tempat dimana Malaysia mendeklarasikan kemerdekaannya. Banyak bangunan yang menyerupai masjid tapi bergaya oldtown/vintage.trus ada bendera Malaysia yang dikibarkan dengan ukuran besar sekali, ada taman yang bagus dan ada perpustakaan nasional dan museum. Karena tempatnya bagus sekali, jangan lupa  sempatkan ambil gambar disini.

Lanjut lagi kita berputar keliling dan menemukan bangunan Central Market yang tersohor itu. Dari luar bangunan memang kurang menarik, tapi setelah masuk kedalam pasarnya, kita jadi betah berbelanja karena semua tertata baik dan ber AC. Harganya juga relative murah, kalo bisa tawar ya tawarlaah..kita dapat banyak sekali oleh oleh dengan harga murah. Cinderamata miniature petronas kita bisa dapat 4RM saja, pin harga 10RM (utk 4 pin), ada juga makanan makanan dan coklat, kain pashmina kita bisa dapat 10RM /pcs. Setelah capet pusing – pusing kita istirahat sambil menikmati MILO dingin di Café ‘Uncle Wah’ masih di kawasan Central Market. Sebenarnya kita sudah capek, tapi kurang 1 lagi attraction yang belum dilewati yaitu di Petaling Jaya. Letaknya tak jauh dari Central Market, jalan sebentar kita sampai di Petaling Jaya, kita bisa lihat gerbangnya yang khas oriental. Kita tidak lama disana karena capek dan tidak ber AC.

Kita lanjutkan kemana kaki ini melangkah dan saya sampai di persimpangan jalan dan saya memasuki kawasan puduraya dan melihat terminal ‘stesen bas’ yg besar. Setahu saya di terminal puduraya terdapat angkutan umum bus ke Thailand (Krabi ,Hatyai) atau lainnya.kaki ku tapi sudah mau patah rasanya, kita menyerah lalu kita putuskan naik bis saja ke bukit bintang menuju hotel. Ternyata pudu raya itu dekat sekali dengan Bukit Bintang, hedeh, Cuma 1RM per orang. Capeknya belum habis, kita udah turun di Bukit Bintang, saat itu memang sedang ada pembangunan MRT jadi macet dan kotor, tapi gak kotor kotor amat sih.

Setelah istirahat sebentar di Hotel, kami berbelanja lagi di Sungei Wang Plaza, dan kita tukar rupiah lagi sebesar 250.000 rupiah saja untuk bekal besok ke bandara. Kita juga cari2  supir teksi yang bisa di booking besok pagi buta jam 3 pagi ke Airport KLIA 2 karena penerbangan kita jam 7 pagi. Wahahaha kebetulan tgl 9 mei 2014, semua penerbangan dari LCCT pindah ke KLIA. Jadi kita berangkat di LCCT pulang di KLIA2. Saya dapat nomer supir taksi Malaysia dari teman saya namanya pak Remi. Beliau kasih harga bagus loh, sampai ke KLIA2 85RM saja, dimana supir taksi lainnya diatas tengah malam kasih harga 100RM.

Malam hari kita tinggal menikmati suasana di luar hotel di Jalan alor, dan kita tidur lebih cepat karena kita besok harus siap siap jam 2 pagi. Saya sempat menikmati Chestnut, bentuknya seperti biji salak tapi rasanya seperti kacang presto manis, harga 100gr 10RM di Alor, sedangkan di Petaling bisa dapat harga 5RM /100gr, saya juga sempat menikmati Aiskrim durian. Eskrimnya yang satu ini agak aneh karena tidak tumpah dan tidak jatuh. Dan tidak meleleh, aneh ya…harganya 5RM/scoop, kalo 2 scoop 9RM.

Sabtu 10 Mei 2014, Jam 2 pagi kami bangun mandi dan persiapan utk naik taxi menuju KLIA2. Kami bertemu dgn Pak Remi si supir taxi yang kami booking. Tidak lupa kami ambil kembali uang deposit kami di Hotel. Dan jam 3.15 kami berangkat naik Taxi menuju ke KLIA2. Perjalanan 45menit saja. Dan kami istilahnya menjadi penumpang yang melihat pertama kali KLIA2, luas bagus drpd LCCT. Disana juga masih banyak pembangunan.

Pesawat delay lumayan lama, 1 jam lho. Trus kita juga pake pesawat yang sama. Dan perjalanan kurang lebih 2 jam akhirnya samapi ke Semarang. Dan bagasi kita ternyata tidak terbawa pesawat ini!!gimana sih AirAsia mungkin karena pemindahan airport baru. Sesampai di semarang kita urus bagasi yang hilang, ahh L. Dan kita juga tukarkan sisa uang kita 70RM dan ternyata kita dapet 250.000 kita kembali wakakak, kita untung lohh…! Bagasi kita sore hari sudah ketemu dan ternyata masih ketinggalan di Malaysia, pasti tas kita gak pengen pulang Indonesa…

 

*Rincian Biaya biaya

Tiket 2 orang pulang pergi tmsk bagasi 20kg         1.890.000

Hotel                                                                           800.000

Airport Tax          2 org =                                            200.000

Transportasi, oleh oleh, makan dll                            2.500.000

Total                                                                                      5.350.000

Semarang – Singapore Pertama Kali 3 Hari 2 Malam J, Mei , 2013

Posted by mirya18061985 in Uncategorized.
6 comments

Satu bulan sebelum tanggal 9 Mei 2013, saya dan suami berencana untuk ke Singapore untuk pertama kalinya. Kami mencari penerbangan termurah waktu itu. Memang, penerbangan termurah waktu itu biasanya di rute Jakarta – Singapore.

Karena kami tinggal di Semarang, kami meng kalkulasi harga pesawat pulang pergi transportasi ke Jakarta, ternyata penerbangan langsung dari Semarang ke Singapore jatuhnya lebih murah daripada transit ke Jakarta dulu. Jadi kira tidak perlu repot ke Jakarta dulu dan kita menghindari hal hal yang tidak diinginkan seperti pesawat delay, kemacetan yang mengakibatkan ketinggalan pesawat.

Akhirnya kita menjatuhkan pilihan pada pesawat Airasia yang memberikan promo murah di hari libur lagi…total tiket beruda plus bagasi 15 Kg totalnya Cuma 2.800.000 PP Semarang –Singapore- Semarang. Liburan kita akan dimulai pada 9 mei 2013 jam 10.40 (Waktu Indonesia Barat) – 11 Mei 2013 jam 14.25 (Waktu Singapura)

Setelah tiket pulang pergi sudah ditangan, kebutuhan utama yang harus dipenuhi adalah tempat menginap. Kebetulan sekali saya punya kenalan orang tour and travel. Kita booking dan reservasi di daerah Geylang di Hotel Fragrance Crystal, tepatnya di 50 Lorong 18 Geylang Singapore. Banyak yang bilang sih Geylang adalah Red Distict, atau bisa disebut kawasan Prostitusi. Disana prostitusi seperti di legalkan. Dimana mana banyak sekali Wanita malam yang bertebaran  menjual diri gak pagi gak siang apalagi malam hari.Tapi, dimana lagi kita bisa dapet penginapan dengan harga murah, yang penting bisa buat tidur dan mandi aja. Untuk 2 malam tarifnya hanya 987.000!!Wow banget kan…itu hotel lho!

Kebutuhan ketiga yang tidak kalah pentingnya dalah penukaran uang Rupiah ke SGD. Tinggal pinter pinternya kita cari harga murah di tempat penukaran yang tepat. Selain itu tergantung keberuntungan kita..hahahaha. dua minggu sebelum keberangkatan, kita menukarkan Rupiah di Semarang saja di Rudo Indovalas pada hari selasa. Lebih baik menukarkan uang itu pada hari senin sd Rabu, karena kalau weekend pasti harga nya sangat mahal. Waktu itu kita mendapatkan 1 SGD = Rp 7865, dan kita menukarkan sebanyak 350 SGD (Semua pecahan 50SGD).

Yang tidak kalah pentingnya adalah komunikasi. Disana, kita gak mau dong hanya diam saja tanpa update status atau recent update di Blackberry. Kebetulan kita cuma punya Smartphone Blackberry. Ada promo dari provider XL yaitu 3 hari gratis BBM an di luar negeri dan gratis terima SMS. Aktivkan saja paket BBM XL 90.000 untuk mendapatkan fasilitas tersebut. Jangan lupa nanti minta panduan Roaming Internasional kalau sudah sampai di Luar negeri. 90.000 x 2 = 180.000

Beres lah..tinggal tentukan destinasi, persiapan barang yang harus dibawa dan sebagainya. Tentukan tujuan pergi ke sana mau kemana saja. Caranya searching saja di internet kalau mau kemana saja, biasanya orang orang kemana saja, dan tempat tempat terkenal disana. Jangan sampai kelewatan satu tempat pun disana dan menyesal, karena kalau sesudah pulang dar Singapura, kita maunya pergi ke Negara lainnya lagi. Masak mau ulang Singapore lagi??

Tanggal 9 Mei 2013

Usahakan sampai di bandara 2 jam sebelum pesawat berangkat, karena ini adalah penerbangan internasional, banyak sekali hal yang harus dipenuhi dan diminta nantinya. Air port Tax 100.000/org x 2 = Rp.200.000 . Passport harus berada di tas paling depan, karena passport itu paling sering ditanyakan disana dan disini. Setelah membayar airport tax, langsung menuju ke Imigrasi. Jangan membawa cairan apapun lebih dari 100ml. Karena air mineral yang kita bawa waktu itu lebih dari 100ml, jadi ya mau gimana lagi, langsung disita tanpa ampun!!

2 jam perjalanan Semarang Singapore langsung menuju ke Changi Airport yang luar biasa itu. (jangan lupa Roaming International di aktivkan dan cocokan jam dengan waktu setempat). Bandara Changi yang bikin kita bengong seperti menyambut kedatangan kita “welcome to Singapore…” karena tempatnya sangat luas, penuh dengan lampu , dan penunjuk arah berada dimana mana. Kalau ada yang haus, di daerah bandara ada air minum keran yang bisa langsung diminum. Dingin lagi airnya kayak dikulkas. Ambil aja semaunya. Kedatangan kita di Terminal 1 dilanjutkan menuju ke Terminal 3 naik Skytrain untuk membeli tiket  SMRT. Sesudah mendapatkan tiket SMRT 12SGD X 2 = 24SGD, kita langsung narsis poto poto. Owya, kalau foto, jangan sampai foto dengan background security nya karena kita pasti akan ditegur, apalagi kalau orang India yang jaga, bikin males…gak tau ya kenapa orang india kalau ditanya jawabnya suka suka sendiri, marah marah lagi, pake acara bentak bentak segala. Jadi selama di sana kita menghindari orang India.

Setelah tiket MRT di tangan, bengong deh kita harus gimana, naik kemana trus taunya gimana. Kita paling nggak harus bisa dikit dikit bahasa inggris, kalau gak bisa ya pake bahasa Indonesia saja, kebanyakan orang melayu juga disana. Mereka pasti ngerti kok. Owya, minta sekalian peta MRT sewaktu pembelin tiket MRT nya ya!trus tanyalah orang disana kemana tjuan kita. Nha, setelah masuk MRT kita baru tau cara kerja MRT ini, eh ternyata serba canggih, nyaman, mudah sekali…hahaha!!gampang kok.

Tujuan kita ke Hotel dulu dong, kan mau taruh barang barang tuh. Check In hotel disana itu jam 15.00. Hotel kita kemarin di Geylang 18, maka kita harus naik MRT ke stasiun Aljunied. Sampai di Aljunied, pas hujan turun, kita untung bawa payung, tapi cukup repot juga kalo hujan. Begitu keluar dari Stasiun Aljunied, kita makan dulu, disana banyak warung makan tergeletak dimana mana dan harga sudah terpampang disana. Makan siang kita waktu itu nasi bebek dan nasi ayam, bumbunya khas makan cina, lumayan lah harga nya 3.5 SGD X2 = 7SGD!!murah tenan, kenyang porsinya juga banyak. Setelah kenyang, kita ada kekuatan untuk jalan kaki mencari alamat hotel. Alhasil basah basah dikit, rempong sambil manggul tas menuju hotel. Ternyata hotelnya mudah dicari dan betapa senangnya hari itu kita menemukan hotel tempat menginap, berarti kita bisa istirahat. Langsung aja check-in sodorin kertas reservasinya. Dan kita langsung dapet kunci kamarnya. Istirahat..mandi

Setelah mandi, kita langsung mau jalan ke daerah Bugis naik MRT dong secara kita udah ngerti cara naiknya. Sampai Terminal Bugis, kita ke pintu keluar langsung ke mall. Wah kita bingung kemana way out nya disana. Sampai tanya pintu keluarnya karena dimana mana ini mall semua. Setelah dapet pintu keluar kita jalan2 deh, dan kita disambut dengan gedung bertingkat. Kita sampai dibugis jam 6.30 sore, tapi langitnya masih kayak jam 4 sore. Trus kita habiskan malam di Bugis dan keliling keliling jalan kaki disana sambil narsis ambil gambar.

Setelah itu, kita balik ke hotel karena kaki sudah capek dan waktu sudah malam. Sampai di hotel, kita istirahat dulu, owya di Singapura itu tidak disediakan gayung kali yaa, karena kita belum pernah menemukan benda seperti itu disana, budaya jorok menurutku.

10 Mei 2013

Hari kedua, tekad kita adalah jalan jalan menghabiskan Singapura dan membeli oleh oleh.Tujuan kita di pagi hari setelah sarapan di Geylang adalah ke City Hall. Sampai di City Hall kita langsung disambut dengan gedung2  tinggi. Dan langsung kita melihat Cavenagh Bridge yang terkenal dan poto poto disana. Trus ada mbak mbak pake sepatu roda bagiin makanan gratis untuk promo tempat fitness, lumayan gratis!! Kubiarkan kemana kaki ini melangkah, sambil tanya2 dimana The Landmark of Singapore, alias Merlion, ternyata gak jauh dari sana, pemandangan luar biasa. Ada Esplanade, ada Merlion, ada Hotel yang atasnya ada kapal besarnya. Bahagialah kita disana. Poto poto lagi. Trus kita juga ketemu sesama org Indonesia. Ke City Hall itu wajib karena kalau ke Singapore tapi gak ke Merlion itu namanya gak ke Singapore.

Kita memutuskan untuk berjalan kaki untuk menuju ke China Town. Gak perlu naik MRT, selain berhemat kita gak akan capek karena pemandanga disana luar biasa. Gedung gedung menjulang, keteraturan masyarakat dan kebersihan kota menjadi pemandangan tersendiri. Gak rugi loh jalan dari City Hall ke China Town karena kita juga melewati Raffles place dan Clark Quay (4 tempat).

Sampai di China Town masih pagi jam 10.00 dan kebanyakan toko belum buka. Kita langsung menuju ke Mall di daerah sana. Eh mall disana ternyata kayak tanah abang, banyak yang menawarkan souvenir singapura dengan harga murah 10SGD untuk 3 barang. Sebagian besar oleh2 kita berasal dari tempat itu.

Lanjut lagi ke tempat di Singapura yang terkenal yaitu ke Universal Studio. Di line MRT yang sama, kita menuju ke Harbour Front terminal. Dan hanya dalam waktu yg tidak lama, kita sampai disana. Lagi lagi pintu keluarnya adalah mall besar. Kita menuju ke Level 4 (Lantai 4) ke Sentosa Express, hahahaha….masuk naik skytrain ke Sentosa Island, cukup menempelkan tiket MRT kita trus capcuzz ke pulau sebelah. Sampai di Pulau sentosa, kita poto poto lagi dong apalagi poto di Bola Dunia Universal Studio…hahahaha it is a must! Cuman foto aja yah, kalo masuk sana gak ada gunanya juga sih, selain mahal trus permainan anak2 juga, balik deh kita ke tempat tadi. Kita main dulu di Harbour Front sambil lihat pemandangan kapal kapal feri dari Pulau Batam ke Singapore. Hmm saatnya makan siang di Haw Par yang letaknya gak jauh dari sana. Harganya reasonable tapi tidak lebih murah dari makan di Geylang. Trus disana ada yang jual Souvenir lagi, yang jual org Indonesia. Murah banget jatuhnyaa…!!

Capeknya kaki ini, tapi harus semangat ya karena cuman ini aja saatnya di Singapore. Perjalanan selanjutnya adalah ke Little India, sesampai di Terminal Little India kebetulan disana da pembangunan kota, dan kita sudah ilfill lihat orang India, hahaha, trus cuman jaln sebentar dan kita lanjut ke pemberhentian terakhir di Orchard Road.

Sampai di Orchard Road, kita makan es krim Magnolia cuma seharga 1 SGD doang. Betapa senangnya, disana jalannya sangat luass…gedung bertingkatnya heboh, tapi disana juga banyak pohon teduh. Apalagi aku senang bisa baca tulisan Lucky Plaza , tempat yang banyak diomongin orang. Disana kita juga habisin duitbeli oleh oleh, karena besok hari kita gak boleh pergi pergi lagi, waktunya sudah mepet. Heboh deh di Orhard Road

Capeknya kaki, dan waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore, saatnya kembali ke Hotel untuk Istirahat. Kita juga cari makan di Geylang lagi karena disana emang murah dan beragam makanannya. Kita beli Dimsum dan Martabak!! And at last, Packing buat persiapan pulang besok, dan merapikan oleh oleh kita. Ada Coklat, dompet, tas, gantungan kunci, dll. Semua kebiagian oleh oleh …ihiii!!

11 Mei 2013

Keesokan harinya, kita persiapan. Penerbangan kita waktu itu jam 14.25, tapi kami check out hotel jam 10.00 dan menuju ke Changi Airport, supaya tidak ketinggalan pesawat. Sampai di Changi, kita langsung me refund tiket MRT kita dan mengembalikan kartunya. Lumayan dapet 6.20 SGD. Dan kalau bingung penerbangan kita di terminal dan gate mana, disana banyak sekali LCD yang menampakkan tujuan kita, pesawat dan Terminalnya. Disini kita tidak perlu bayar airport tax lagi. Kita kembali ke Terminal 1 naik Skytrain menuju terminal 1. Trus puter puter di daerah bandara karena sangat luas dan tempatnya bagus. Jangan lupa, kalau kita punya uang receh SGD dalam jumlah banyak, dihabiskan saja untuk tambahan oleh oleh disana, karena uang receh tidak bisa di tukarkan dalam Rupiah. Sayang khan kalau tidak bisa ditukarkan kecuali kalo kita mau koleksi uang tersebut. Wehehehe..kita habiskan deh akhirnya recehan SGD itu. Dapet banyak makanan lho…lumayan tambahan oleh oleh!!Langsung deh kita masuk ke Imigrasi untuk masuk ke Pesawat Air Asia Terminal 1 Gate D41. Duit masih sisa 54,2 SGD J !!

Perjalanan pulang menuju Semarang……….Thank You GOD kita sudah diberi kesempatan menengok Negara tetangga. Thank You SINGAPORE…

Info : Harga makanan dan minuman

Paling murah 3.5 SGD (udah pake nasi) kalau mau cemilan 0.9 – 3SGD, Paling mahal ya tidak terhingga!!Dibudget saja makan 1 org 1 x 5SGD. Tapi kalau lebih murah lebih bagus khan??!! Kalau harga minuman beragam, tergantung tempatnya juga, kalau di Geylang 1 Kaleng 1SGD – 1.2SGD, Klau di China Town malah ada yg 1SGD dapet 3 kaleng…wakakakak!!

Info : Budget Semarang Singapore 2 orang Dewasa (3Hari 2 Malam)

Tiket PP Semarang Singapore 2org                           2.800.000 (tmsk bgasi 15Kg)

Hotel 2 malam                                                                      980.000 (tdk tmsk sarapan)

Biaya hidup di Singapore 3 hari                                   2.400.000   (300SGD, tmsk makan, tiket MRT, oleh oleh)

Airport Tax Semarang –Singapore                               200.000

Total                                                                                     

6.380.000 (murah khan, buat berdua lho, gak usah pake tour!!)

Pekerjaan Bukanlah Segala – galanya J, September , 2012

Posted by mirya18061985 in Uncategorized.
2 comments

Ya, ini keinginan dan doaku sendiri. Coba teguhkan hati apapun yang terjadi. Aku memilih bekerja lagi karena memang ini motivasiku sendiri. Apa sih gunanya bekerja? Ya cari uang, lalu apa? Cukup lakukan sebaik yang kamu bisa disana. Itu saja. Tidak perlu ngotot kamu harus begini dan begitu, karena memang hati ku cuma untuk keluarga ku saja bukan pekerjaan. Aku menikah dan punya anak, maka dari itu aku bekerja. Aku berusaha menyenangkan hati mereka dengan mendapatkan uang. Aku tidak munafik. Lalu untuk apa kamu bekerja? Apa tujuanmu bekerja? UANG UANG dan UANG. Mungkin ada yang tidak merasa butuh dengan gajimu. Mungkin gajimu itu berlebihan dan lebih dari cukup. TAPI, SIAPA YANG MAU BEKERJA DENGAN CUMA CUMA DAN TIDAK DIGAJI?

Pertanyaan yang sangat mendasar, tapi coba dijawab sendiri. Jadi, sekalipn lingkungan kerjamu sedemikian rupa, mungkin tidak kondusif, penuh problematika, atau dikejar kejar, bukankah hal itu biasa terjadi. Aku tidak pernah mengambil hati pada pekerjaanku supaya apapun yang terjadi di kantor aku juga tidak akan pernah mengambil hati pada tindakan atau omongan atau dateline atau apapun problematika didalamnya.

Masih banyak keinginan ku untuk beli ini beli itu. Ya mungkin ini yang bisa aku lakuakan untuk inginku. Bukannya egois, keinginanku Cuma ingin membeli perabot rumah, memperindah rumah, beli kebutuhan untuk anak dan suami. Mungkin juga tabungan yang lebih banyak. Suamiku ? owh tentu saja dia bisa. Dia sudah bisa membelikanku bermacam macam. Wajarlah kalo manusia ingin nya tidak pernah ada habisnya. Tapi apa salahnya punya tabungan?

___

Lalu tiba tiba setelah aku pulang kerja, aku merasa tiba tiba segala inginku, segala kehidupanku lenyap dalam sekejap. Tiba tiba aku tidak menginginkan semua itu, karena semua inginku itu konyol dan tidak ada apa apanya dibanding memiliki, ya kembali lagi, kebahagiaan dengan keluarga kecilku. Apa yang kulihat dipinggir jalan, di sudut lampu merah kota di waktu petang membuat aku menangis. Kenapa masih ada yang seperti ini? Kenapa mereka seperti ini? Ibu ini sedang menyusui anaknya dipinggir jalan dan ibu itu juga sedang menunggu anaknya yang lebih besar tidur disitu! Apa apaan ini, kenapa bawa anak kecil? Kalian puas membuat aku menangis melihat pemandangan seperti itu? Apakah kalian sudah merasa berhasil? Lalu aku merasa, hidupku ini tidak ada apa apanya, semua keinginan duniawi. Sepanjang jalan aku menangis, aku ingat anakku, apa yang dia lakukan sekarang?apakah dia sudah makan?apa sudah tidur?hmm…ya mereka berhasil

Tapi, apa yang terjadi setelah itu, aku tetap tidak memberikan mereka uang karena aku mungkin percaya bahwa siapa tahu itu anak sewaan, korban penculikan, atau sebagainya. Tapi drama itu lebih mengingatkanku bahwa aku harus kembali ke awal. Pekerjaanku yang terbaik saat ini adalah menjadi seorang ibu. Itulah pekerjaan yang aku lakukan dari hati karena aku tidak butuh gaji sebagai seorang ibu, aku tidak perlu teriakan atau omelan dari bos ku untuk mendidik anakku. Ya itulah kehidupan, pelajaranku hari ini. Aku tidak perlu seorang guru khusus mengajariku kehidupan, ada seorang mahaguru di Atas sana yang akan menciptakan pemandangan buat masing masing kamu. Selamat menikmati ya..happy watching!

Mengecilkan dan Mengencangkan Perut dengan Diet Sehat J, Agustus , 2012

Posted by mirya18061985 in Uncategorized.
3 comments

Coba perhatikan lingkar pinggang! Berapa senti kah dia? Apakah kalian mau terus_terus an dirundung pikiran yang tidak ada henti hentinya untuk mengecilkan lingkar pinggang, mempersempit jalan penyakit yang mau mampir dan menyebar ke seluruh tubuh anda? *ngelus perut*. Memang banyak sekali artikel atau jurnal tentang diet. Seminar atau apalah itu didalam kemasan pil, obat atau susu pelangsing. Berbeda dengan yang lainnya yang cuma berisi imbauan himbauan saja, tapi ini benar benar pengalamnku mengecilkan dan mengencangkan perut atau lingkar pinggang. Kondisiku saat itu setelah 7 bulan setelah melahirkan. Karena anakku sudah tidak bergantung pada ASI 100% jadi aku berani ambil langkah diet ini. Tapi aku tidak pernah menggunakan pil pelangsing, teh pelangsing, perawatan pelangsingan atau apapun itu karena aku masih menyusui sampai sekarang.

Buat laki laki diet mungkin akan terasa lebih mudah. Hanya dalam beberapa bulan saja mereka dengan cepat memiliki otot karena memang mereka memiliki otot lebih banyak. Testosteron yang sebabkan ini. Lain juga dengan wanita yang punya lebih banyak progesteron mereka lebih susah untuk mendapatkan otot. Lelaki gendut pasti punya banyak hormon wanita di tubuhnya..hahaha!celakanya, wanita yang kelebihan lemak di perut biasanya langsung depresi, lain dengan laki laki yang berperut buncit biasanya menandakan bahwa mereka sukses. Ya nggak tau juga sih!!

Memang tidak adil sih buat wanita apalagi wanita suatu hari harus mengandung dan melahirkan. Otomatis perut juga ikut melar. Tapi siapa yang bisa menyanggah kalo wanita itu harus sempurna dengan perut rata. Sebagian wanita mungkin bilang ngga apa apa gendut memang ngga bisa kurus. Wah udah nyerah dulu dong. Its ok bilang begitu, tapi pendapat orang lain gimana? Atau suatu hari menghadapi gaun pengantin yang langsing atau baju seksi? Ada benarnya juga khan!yuk barenag bareng berdiet sehat.

Fyi, umur 17 tahun berat badanku 43 kg ehehe cherrybelle banget, trus sebelum menikah 45 kg. Hamil di bulan terakhir 57 kg. Setelah melahirkan berat badanku turun jadi 51 kg. Selama kurang lebih 6 bulan aku masih menstabilkan berat badanku dengan mengkonsumsi tambahan 500 kalori karena demi ASI yang baik buat 6 bulan anakku. Untungnya berat badanku masih stay di 51kg. Setalah bulan ke 6 segalanya jadi makanan favoritku. Keterusan makan segalanya. Trus sewaktu bulan itu juga berat badanku naik satu kilo jadi 52kg. Hmm melihat pertumbuhan anak sih senang banget, tapi kalo pertumbuhan alat timbang badan…aih langsung saja aku niatkan kembali ke berat badan asalku. Target sih 45 kg. Muluk muluk banget ya,yah dicoba aja. Tapi aku mau yang sehat aku ga akan mau diet kurang gizi. Aku masih menyusui anakku.Ini loh urutanku kalo mau berhasil diet, bagi bagi pengalaman boleh khan

Niat dan tekad

Yang mendasari segalanya adalah yang satu ini: niat. Tapi lebih keras lagi yaitu tekad!susah kalo udah ketemu tekad lama lama jadi nekad!jangan dong kalo nekad..ehehe. Tidak ada sesuatu yang instant. Mie instant aja kalorinya harus digantiin sama aerobic 30 menit!makanan instant kayak junk food apalagi. Serba instant itu ada kalanya, tapi untuk urusan tubuh jangan ya!ga baik. Jadi kalau 2 atau 3 bulan kalian menjalani diet belum ada perubahan kalian tidak boleh menyerah. Itu namanya tekad. Kalian harus realistis dong. Lemak di pinggang udah nongkrong disana berapa tahun? Masak lemak yang umurnya 10 tahun di perut mau dihilangkan dalam 1 bulan, ya gimana ya…masuk akal nggak??Ini contoh asli. Lemak diperutku itu 4 tahun, ditambah melar waktu hamil, ya bisa jadi aku harus bersusah payah selama itu. Tapi gak kok. Tuhan itu baik. Semua orang yang mau berusaha pasti diberi jalan. Buat yang satu ini ga ada salahnya loh. Hanya dengan 4 bulan saja, lemak 4 tahun menghilang..sehat loh bukan diet menyiksa!

Makanan

Ya yang satu ini biasanya jadi momok. Bagi yang mau cepat turun berat badan dan menghilangkan lemak pinggang secara instant biasanya mereka memilih jalan ga makan. Cuma sekali makan aja..eh gila bisa mati dong! Trus coba lihat, ada banyak makanan enak. Shortcake, cheese cake, blackforest, brownies ehehe boleh kah makan itu? Ya tentu saja boleh. Ini kan kesempatan kalian merasakan indahnya dunia. Jangan takut sama begituan. Tapi sedikit saja dulu ya selama program ini, kalo udah terbiasa dengan program diet ini, kalian juga akan bisa menimbang kalori makanan makanan seperti itu. Ahh didunia ini banyak makanan dan minuman enak. Jadi jangan bilang nggak ya!Makan merupakan hal terpenting kedua karena disini kita hitung menghitung kalori makan harian kita. Untuk program ini aja ya…jangan sampai lupa. Bagaimana cara menghitungnya? Kalian bisa searching dan googling di internet cara mnghitung kalori. Kalo aku dulu aku batasi 1200 kalori. Supaya ga kurang gizi. Tetap makan 3x sehari, tetap makan nasi tapi dibatasi jadi setengah atau seperempatnya. Nah karena sudah terbiasa, biasanya jumlah semua makanan dan cemilanku tiap harinya kurang dari 1200 kurang dikit! Jangan diet karbohidrat. Itu juga termasuk gizi. Karbo di roti lebih besar daripada nasi. Paling kecil itu kentang. Kalo tubuh kurang karbohidrat, kita pasti sering lapar. Itu artinya metabolisme kita berjalan dengan baik. Tapi batasi makannya ya !jangan keterlaluan. Sesuatu yang berlebihan itu ga baik. Boleh makan sebelum olahraga di beri selisih 1 jam. Kalo aku sih biasanya makan sesudah olahraga dan mandi. Terserah sih. Untuk info kalori bisa search aja di jurnal lainnya. Contohnya bisa klik disini.

Minuman

Nah ini hal penting yang ke 3. Kenyataannya hampir seluruh tubuh kita ini terdiri dari air. Jadi ya ini ga bias dielakkan lagi minum 8 gelas sehari. Dari pada menjejer gelas, gini aja deh, tau kan botol air mineral yang beratnya 600ml?nah pake itu aja ngitungnya. Yang dingin lebih enak khan?ya udah minum yang dingin aja. Aku juga kok. Kalo 600ml dikalikan 3 hasilnya udah 1,8 liter. Lha katanya sih 8 gelas air putih itu  2 liter. Ehehe berarti cukup 3 botol itu lebih dikit. Gampang khan…ga susah minum segitu! Air itu juga penting lho!melancarkan darah dan jaringan di dalam tubuh.

Olahraga

Maaf ya teman teman ini memang sering banyak disebut dimana mana. Banyak ya jurnal yang nyebut olahraga demi diet. Tapi coba praktekan yah!!point ketiga ini penting juga. Kalo kalori kalian udah tergerus dan hamper habis. Tinggal pengencangannya saja. Apalagi kalo olahraga teratur, kalori harian berkurang sesuai dengan aktivitas yang dibakar. Tapi aku ga main main soal ini. Kebetulan saat program, ada aerobic gratis di tivi bersama fenny rose. Absen satu hari pun aku ga pernah.

Kalo udah ber TEKAD  ya ayo jalankan!jangan setengah setengah. Bangunlah lebih pagi seperti yang aku lakukan. Siapkan sepatu. Ayo berjogging. Memang sih di Indonesia gak banyak yang seliwar seliwer olahraga apalagi kalo kulit kita halus mulus bersinar pasti di suit suit cowo jalanan. Itu yang bikin males. Ya siasatnya bangun jam 5 pagi aja, biar ga malu. Disaat orang orang masih terlelap dan bermimipi. Disaat maling maling udah pulang rumah untuk istirahat. Disaat anak jalanan pada tepar di jalanan. Ayo bergerak!!ga usah lama lama 30 menit udah bikin keringat!jangan ngoyo ntar capek loh. Hari hari awal bikin capek, kaki dan badan pasti pegel. Lama kelamaan tubuh akan terbiasa dan beradaptasi dengan ini. Joggingnya jangan keterlaluan ya biasa aja, jgn berlebihan seminggu 3 kali aja.

Trus aerobic yuk. Kalo gak, ya dance aja 30 menit. Tariannya jelek gpp tapi kan bergerak dengan penuh semangat. Daripada ga ngapa ngapain, lemak semakin menebal…sedih!ga usah ikut kelas aerobic. Ntar duitmu abis buat begituan. Kan bisa sendiri joged joged kayak orang gila. Kalo nge gym boleh juga sih, tapi tau ga alat treadmill itu kan empuk beda loh rasanya sama aspal di depan rumah. Lebih keras lebih berkeringat lebih asoy!

Kalo ga kuat lari jogging ya jalan kaki lebih enak juga. 45 menit itu udah kerasa.

Yah kalo mau tambah cepet ya kalo mau kemana mana jalan kaki aja. Rasanya tidak bersalah kalo jalan kaki. Nah, seiring dengan turunnya berat badan, maka perut yang menggembung mulai mengecil. Tidak akan menggelambir karena kalian mengerjakan ini dengan OLAHRAGA,otomatis kencang!Oya, coba di observasi, manakah bagian tubuh kalian yang pertama kali gemuk, diurutkan ya!maka, tubuh kalian yang mengecil biasanya sesuai urutan yang terakhir. Contohnya, yang duluan gemuk : perut, paha, pipi, jari tangan. Maka yang kecil duluan urutannya adalah : jari tangan, pipi, paha, dan perut yang terakhir

 

Overtraining

Kata kata Overtraining memang jarang didengar. Ya, overtraining adalah suatu kondisi dimana kalian melakukan olahraga yang berlebihan. Ingat, segala sesuatu itu baik bila cukup, jangan berlebihan.

Pengalamanku waktu itu, aku jogging seminggu sampai 5 bahkan 6 x 30 menit…wow!badan rasanya pegal semua, kakiku langsung lemas. Nah seminggu kemudian aku jatuh sakit. Setelah sembuh dari sakit, aku mulai dengan pola olahraga yang berlebihan seperti itu lagi. Lalu aku jatuh sakit lagi. Sebulan sampai dua kali aku jatuh sakit. Akhirnya aku tau kalo aku overtraining, terlalu berlebihan. Makanya, semua hal di dunia ini tidak baik kalo didapatkan dengan cara yang instant. Jadi kalo kalian bisa mendapatkan hasil diet dengan cara benar dan baik, maka tubuh pun beradaptasi dan mereka tidak akan semudah itu kembali gendut. Bisa dibuktikan!

Jadi mari kita berdiet dengan target yang tidak muluk muluk. Kita perlu realistis, tidak ada sesuatu yang instant. Ini perlu kerja keras, kedisiplinan dan kesabaran. Dan..Voilla….4 bulan yang lalu aku masih sebulat 52 kg dan 4 bulan kemudian menjadi 45.5 kilogram!!BRAVO!!Ayo…Selamat Mencoba, Goodluck!

Boleh Minum Susu nya ?? J, Juni , 2012

Posted by mirya18061985 in Uncategorized.
Tags:
add a comment

Begitu banyak pilihan susu yang ditawarkan di berbagai tempat. Dari susu untuk bayi, anak – anak, dewasa sampai dengan lanjut usia. Tentu saja produk susu menawarkan berbagai macam kelebihan dan guna susu itu sendiri. Boleh minum susunya? Boleh dong asal…. Semua ada syaratnya!

Pilih lah susu yang kita butuhkan

Biasanya susu identik dengan anak anak. Dalam hal ini susu bisa menjadi hal yang wajib  dikonsumsi untuk mereka. Ya, dari bayi kita  wajib minum susu dari ASI (Air Susu Ibu) atau susu formula yang menjanjikan banyak tambahan gizi dimana didalamnya juga dilengkapi inovasi penunjang pertumbuhan badan dan otak.

Bukan hanya anak anak, susu untuk pertumbuhan badan untuk remaja sudah banyak ditawarkan. Ada juga  susu sebagai minuman pelengkap penunjang keberhasilan program diet atau untuk pembentukan badan. Tidak berhenti disitu, ada juga susu untuk manula  atau orang lanjut usia seperti susu untuk tulang dsb sudah mewarnai jenis produk susu di seluruh dunia.

Khususnya untuk anak anak, beragam merk susu yang ditawarkan seharusnya lebih diperhatikan segala sesuatunya lebih mendetail sebelum dibeli. Jangan sampai salah pilih. Sesuaikan menurut kebutuhan dan umurnya.

Kelayakan konsumsi susu

Setelah kita memilih produk susu sesuai dengan kebutuhan kita, jangan pernah lupa untuk melihat kembali produk yang kita konsumsi. Biasanya kita mengetahui berbagai macam informasi tentang produk susu dari kemasan susu tersebut. Selain merk susu dan rasa, Berilah perhatian khusus untuk membaca beberapa menit  komposisinya, petunjuk penyimpanan dan pemakaian, informasi nilai gizi, aturan pemberian susu dan tanggal kadaluwarsanya. Yang tidak kalah pentingnya adalah apakah susu tersebut sudah terdaftar di BPOM RI dan HALAL untuk dikonsumsi?

Ya, kita tinggal disini di Indonesia, jadi segala produk wajib terdaftar oleh BPOM RI (Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia). Stempel HALAL juga tidak kalah penting disertakan didalam kemasan. Menurut  Wikipedia  tentang Halal (  حلال  ) adalah istilah dalam kosakata sehari hari yang lebih sering digunakan untuk merujuk pada makanan dan minuman yang dizinkan untuk dikonsumsi menurut islam.  Apalagi untuk anak anak yang masih rentan terhadap segala sesuatu yang baru untuk mereka. Pastikan susu mereka aman dikonsumsi, apalagi bakteri yang berbahaya yang sekarang ini sedang happening. Jadi pilihlah susu yang plus dan komplit serta layak dikonsumsi kita semua di Indonesia. Sekarang boleh kok diminum susunya…silahkan!