jump to navigation

Toilet Training untuk Anak Balita J, Mei , 2016

Posted by mirya18061985 in Uncategorized.
trackback

Mungkin bisa dibilang sudah terlambat ya buat anakku yang sekarang sudah mulai sekolah TK A. Berjenis kelamin perempuan, dan bisa dibilang umurnya saat ini 4 tahun menuju 5 tahun. Masih pake pampers walaupun dalam keseharian dia sudah bisa pipis sendiri dan gak ngompol.

Cuma sewaktu tidur saja, dia masih dipake in pampers. Butuh kerja keras men-training anakku supaya gak ngompol atau pipis ke kamar mandi sendiri di malam hari. Tapi semua hal itu dimulai dengan belar dan disiplin.

Hari pertama

Malam hari tanpa pampers, cuma pake celana pendek buat bobok. Siapkan perlak jangan lupa. Otomatis hari pertaman training, masih mengompol….tapi kalo anak 4 tahun itu bisa diajakin diskusi dan pengertian. Bilang aja sebeum tidur kalo mulai malam ini kita belajar gak pake pampers.

Hari 2, 3, 4 dst

Masih ngompol juga….sampe seminggu lah….

 

Lama kelamaan dia kayak sadar sendiri dia harus berbuat sesuatu….

Dan dari hasil berhari hari itu, saya tau jam nya dia ngompol jam 11 malam, hal ini berbeda beda setiap anak. Nha jadi saya tau patokan nya, sebelum jam 11 malam, saya harus membagunkan dia buat ke kamar mandi di malam hari.

Perjuangan loh bangunin anak jam segitu dimana dia lagi asik asik bobok. Dia menolak, marah utuk di bangunin ke toilet. Selama sebulan lebih hal seperti itu terulang ulang lagi. Sempat saya putus asa, begitu juga dgn suami. Sudah sebulan lebih masih ngompol juga. Tapi gak setiap hari sih ngompol, dalam seminggu bisa 2-3x gak mngompol, itu karena mungkin pas dia mau dibangunkan malam hari utk pipis di toilet.

Oya, setiap anak berhasil gak ngompol pagi harinya bisa diberi reward , gak perlu barang, uang, atau sesuatu yang menghabiskan uang kita. Reward nya bisa berupa cium atau peluk. Dikasi cium 5x aja dia udah senengnya gak karuan. Jadikan reward momen ciuman itu dibuat semenarik mungkin, bisa dipipi di kening di hidung…atau dipeluk sambil dikasi hitungan detik.

Yang namanya disipin dan belajar itu tidak akan sia sia. Bebeapa minggu kemudian, dia punya akal dan cara sendiri untuk tidak mengompol dimalam hari otomatis, dia juga gak mau basah basahan , dibangunin malam hari ganti baju celana, dan besok paginya dimarahin mama…hehe.

Entah dapat jurus darimana, progressnya terlihat dalam dua minggu ini dia gak ngompol di malam hari tanpa harus ke toilet. Seandainya dia mau ke toilet, dia bangun sendiri dan ke toilet pipis sendiri. Hehe…tapi saya masih kasi perlak ompol was was kalo tiba tiba masih ngompol dan membuat pulau di kasur.

Sebulan sudah dia berhasil mengontrol kandung kemihnya. Tapi pernah cuma sekali ngompol. Dia bilang besok paginya kalo ‘aku mimpi pergi ke kamar mandi trus pipis di kamar mandi’ hahaha….saya juga pernah mimpi ke kamar mandi trus ngompol di kehidupan nyata…haha!!dimaklumin lah.

Kesimpulannya, anak itu pasti mengerti harus bertindak seperti apa. Belajar dan jangan mudah menyerah kalo belajar. Beri pengertian, diskusi dan reward yang menyenangkan tanpa harus mengeluarkan uang.

Selamat mencoba ya mama…ingat jangan mudah menyerah

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: