jump to navigation

Semarang – Singapore Pertama Kali 3 Hari 2 Malam J, Mei , 2013

Posted by mirya18061985 in Uncategorized.
trackback

Satu bulan sebelum tanggal 9 Mei 2013, saya dan suami berencana untuk ke Singapore untuk pertama kalinya. Kami mencari penerbangan termurah waktu itu. Memang, penerbangan termurah waktu itu biasanya di rute Jakarta – Singapore.

Karena kami tinggal di Semarang, kami meng kalkulasi harga pesawat pulang pergi transportasi ke Jakarta, ternyata penerbangan langsung dari Semarang ke Singapore jatuhnya lebih murah daripada transit ke Jakarta dulu. Jadi kira tidak perlu repot ke Jakarta dulu dan kita menghindari hal hal yang tidak diinginkan seperti pesawat delay, kemacetan yang mengakibatkan ketinggalan pesawat.

Akhirnya kita menjatuhkan pilihan pada pesawat Airasia yang memberikan promo murah di hari libur lagi…total tiket beruda plus bagasi 15 Kg totalnya Cuma 2.800.000 PP Semarang –Singapore- Semarang. Liburan kita akan dimulai pada 9 mei 2013 jam 10.40 (Waktu Indonesia Barat) – 11 Mei 2013 jam 14.25 (Waktu Singapura)

Setelah tiket pulang pergi sudah ditangan, kebutuhan utama yang harus dipenuhi adalah tempat menginap. Kebetulan sekali saya punya kenalan orang tour and travel. Kita booking dan reservasi di daerah Geylang di Hotel Fragrance Crystal, tepatnya di 50 Lorong 18 Geylang Singapore. Banyak yang bilang sih Geylang adalah Red Distict, atau bisa disebut kawasan Prostitusi. Disana prostitusi seperti di legalkan. Dimana mana banyak sekali Wanita malam yang bertebaran  menjual diri gak pagi gak siang apalagi malam hari.Tapi, dimana lagi kita bisa dapet penginapan dengan harga murah, yang penting bisa buat tidur dan mandi aja. Untuk 2 malam tarifnya hanya 987.000!!Wow banget kan…itu hotel lho!

Kebutuhan ketiga yang tidak kalah pentingnya dalah penukaran uang Rupiah ke SGD. Tinggal pinter pinternya kita cari harga murah di tempat penukaran yang tepat. Selain itu tergantung keberuntungan kita..hahahaha. dua minggu sebelum keberangkatan, kita menukarkan Rupiah di Semarang saja di Rudo Indovalas pada hari selasa. Lebih baik menukarkan uang itu pada hari senin sd Rabu, karena kalau weekend pasti harga nya sangat mahal. Waktu itu kita mendapatkan 1 SGD = Rp 7865, dan kita menukarkan sebanyak 350 SGD (Semua pecahan 50SGD).

Yang tidak kalah pentingnya adalah komunikasi. Disana, kita gak mau dong hanya diam saja tanpa update status atau recent update di Blackberry. Kebetulan kita cuma punya Smartphone Blackberry. Ada promo dari provider XL yaitu 3 hari gratis BBM an di luar negeri dan gratis terima SMS. Aktivkan saja paket BBM XL 90.000 untuk mendapatkan fasilitas tersebut. Jangan lupa nanti minta panduan Roaming Internasional kalau sudah sampai di Luar negeri. 90.000 x 2 = 180.000

Beres lah..tinggal tentukan destinasi, persiapan barang yang harus dibawa dan sebagainya. Tentukan tujuan pergi ke sana mau kemana saja. Caranya searching saja di internet kalau mau kemana saja, biasanya orang orang kemana saja, dan tempat tempat terkenal disana. Jangan sampai kelewatan satu tempat pun disana dan menyesal, karena kalau sesudah pulang dar Singapura, kita maunya pergi ke Negara lainnya lagi. Masak mau ulang Singapore lagi??

Tanggal 9 Mei 2013

Usahakan sampai di bandara 2 jam sebelum pesawat berangkat, karena ini adalah penerbangan internasional, banyak sekali hal yang harus dipenuhi dan diminta nantinya. Air port Tax 100.000/org x 2 = Rp.200.000 . Passport harus berada di tas paling depan, karena passport itu paling sering ditanyakan disana dan disini. Setelah membayar airport tax, langsung menuju ke Imigrasi. Jangan membawa cairan apapun lebih dari 100ml. Karena air mineral yang kita bawa waktu itu lebih dari 100ml, jadi ya mau gimana lagi, langsung disita tanpa ampun!!

2 jam perjalanan Semarang Singapore langsung menuju ke Changi Airport yang luar biasa itu. (jangan lupa Roaming International di aktivkan dan cocokan jam dengan waktu setempat). Bandara Changi yang bikin kita bengong seperti menyambut kedatangan kita “welcome to Singapore…” karena tempatnya sangat luas, penuh dengan lampu , dan penunjuk arah berada dimana mana. Kalau ada yang haus, di daerah bandara ada air minum keran yang bisa langsung diminum. Dingin lagi airnya kayak dikulkas. Ambil aja semaunya. Kedatangan kita di Terminal 1 dilanjutkan menuju ke Terminal 3 naik Skytrain untuk membeli tiket  SMRT. Sesudah mendapatkan tiket SMRT 12SGD X 2 = 24SGD, kita langsung narsis poto poto. Owya, kalau foto, jangan sampai foto dengan background security nya karena kita pasti akan ditegur, apalagi kalau orang India yang jaga, bikin males…gak tau ya kenapa orang india kalau ditanya jawabnya suka suka sendiri, marah marah lagi, pake acara bentak bentak segala. Jadi selama di sana kita menghindari orang India.

Setelah tiket MRT di tangan, bengong deh kita harus gimana, naik kemana trus taunya gimana. Kita paling nggak harus bisa dikit dikit bahasa inggris, kalau gak bisa ya pake bahasa Indonesia saja, kebanyakan orang melayu juga disana. Mereka pasti ngerti kok. Owya, minta sekalian peta MRT sewaktu pembelin tiket MRT nya ya!trus tanyalah orang disana kemana tjuan kita. Nha, setelah masuk MRT kita baru tau cara kerja MRT ini, eh ternyata serba canggih, nyaman, mudah sekali…hahaha!!gampang kok.

Tujuan kita ke Hotel dulu dong, kan mau taruh barang barang tuh. Check In hotel disana itu jam 15.00. Hotel kita kemarin di Geylang 18, maka kita harus naik MRT ke stasiun Aljunied. Sampai di Aljunied, pas hujan turun, kita untung bawa payung, tapi cukup repot juga kalo hujan. Begitu keluar dari Stasiun Aljunied, kita makan dulu, disana banyak warung makan tergeletak dimana mana dan harga sudah terpampang disana. Makan siang kita waktu itu nasi bebek dan nasi ayam, bumbunya khas makan cina, lumayan lah harga nya 3.5 SGD X2 = 7SGD!!murah tenan, kenyang porsinya juga banyak. Setelah kenyang, kita ada kekuatan untuk jalan kaki mencari alamat hotel. Alhasil basah basah dikit, rempong sambil manggul tas menuju hotel. Ternyata hotelnya mudah dicari dan betapa senangnya hari itu kita menemukan hotel tempat menginap, berarti kita bisa istirahat. Langsung aja check-in sodorin kertas reservasinya. Dan kita langsung dapet kunci kamarnya. Istirahat..mandi

Setelah mandi, kita langsung mau jalan ke daerah Bugis naik MRT dong secara kita udah ngerti cara naiknya. Sampai Terminal Bugis, kita ke pintu keluar langsung ke mall. Wah kita bingung kemana way out nya disana. Sampai tanya pintu keluarnya karena dimana mana ini mall semua. Setelah dapet pintu keluar kita jalan2 deh, dan kita disambut dengan gedung bertingkat. Kita sampai dibugis jam 6.30 sore, tapi langitnya masih kayak jam 4 sore. Trus kita habiskan malam di Bugis dan keliling keliling jalan kaki disana sambil narsis ambil gambar.

Setelah itu, kita balik ke hotel karena kaki sudah capek dan waktu sudah malam. Sampai di hotel, kita istirahat dulu, owya di Singapura itu tidak disediakan gayung kali yaa, karena kita belum pernah menemukan benda seperti itu disana, budaya jorok menurutku.

10 Mei 2013

Hari kedua, tekad kita adalah jalan jalan menghabiskan Singapura dan membeli oleh oleh.Tujuan kita di pagi hari setelah sarapan di Geylang adalah ke City Hall. Sampai di City Hall kita langsung disambut dengan gedung2  tinggi. Dan langsung kita melihat Cavenagh Bridge yang terkenal dan poto poto disana. Trus ada mbak mbak pake sepatu roda bagiin makanan gratis untuk promo tempat fitness, lumayan gratis!! Kubiarkan kemana kaki ini melangkah, sambil tanya2 dimana The Landmark of Singapore, alias Merlion, ternyata gak jauh dari sana, pemandangan luar biasa. Ada Esplanade, ada Merlion, ada Hotel yang atasnya ada kapal besarnya. Bahagialah kita disana. Poto poto lagi. Trus kita juga ketemu sesama org Indonesia. Ke City Hall itu wajib karena kalau ke Singapore tapi gak ke Merlion itu namanya gak ke Singapore.

Kita memutuskan untuk berjalan kaki untuk menuju ke China Town. Gak perlu naik MRT, selain berhemat kita gak akan capek karena pemandanga disana luar biasa. Gedung gedung menjulang, keteraturan masyarakat dan kebersihan kota menjadi pemandangan tersendiri. Gak rugi loh jalan dari City Hall ke China Town karena kita juga melewati Raffles place dan Clark Quay (4 tempat).

Sampai di China Town masih pagi jam 10.00 dan kebanyakan toko belum buka. Kita langsung menuju ke Mall di daerah sana. Eh mall disana ternyata kayak tanah abang, banyak yang menawarkan souvenir singapura dengan harga murah 10SGD untuk 3 barang. Sebagian besar oleh2 kita berasal dari tempat itu.

Lanjut lagi ke tempat di Singapura yang terkenal yaitu ke Universal Studio. Di line MRT yang sama, kita menuju ke Harbour Front terminal. Dan hanya dalam waktu yg tidak lama, kita sampai disana. Lagi lagi pintu keluarnya adalah mall besar. Kita menuju ke Level 4 (Lantai 4) ke Sentosa Express, hahahaha….masuk naik skytrain ke Sentosa Island, cukup menempelkan tiket MRT kita trus capcuzz ke pulau sebelah. Sampai di Pulau sentosa, kita poto poto lagi dong apalagi poto di Bola Dunia Universal Studio…hahahaha it is a must! Cuman foto aja yah, kalo masuk sana gak ada gunanya juga sih, selain mahal trus permainan anak2 juga, balik deh kita ke tempat tadi. Kita main dulu di Harbour Front sambil lihat pemandangan kapal kapal feri dari Pulau Batam ke Singapore. Hmm saatnya makan siang di Haw Par yang letaknya gak jauh dari sana. Harganya reasonable tapi tidak lebih murah dari makan di Geylang. Trus disana ada yang jual Souvenir lagi, yang jual org Indonesia. Murah banget jatuhnyaa…!!

Capeknya kaki ini, tapi harus semangat ya karena cuman ini aja saatnya di Singapore. Perjalanan selanjutnya adalah ke Little India, sesampai di Terminal Little India kebetulan disana da pembangunan kota, dan kita sudah ilfill lihat orang India, hahaha, trus cuman jaln sebentar dan kita lanjut ke pemberhentian terakhir di Orchard Road.

Sampai di Orchard Road, kita makan es krim Magnolia cuma seharga 1 SGD doang. Betapa senangnya, disana jalannya sangat luass…gedung bertingkatnya heboh, tapi disana juga banyak pohon teduh. Apalagi aku senang bisa baca tulisan Lucky Plaza , tempat yang banyak diomongin orang. Disana kita juga habisin duitbeli oleh oleh, karena besok hari kita gak boleh pergi pergi lagi, waktunya sudah mepet. Heboh deh di Orhard Road

Capeknya kaki, dan waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore, saatnya kembali ke Hotel untuk Istirahat. Kita juga cari makan di Geylang lagi karena disana emang murah dan beragam makanannya. Kita beli Dimsum dan Martabak!! And at last, Packing buat persiapan pulang besok, dan merapikan oleh oleh kita. Ada Coklat, dompet, tas, gantungan kunci, dll. Semua kebiagian oleh oleh …ihiii!!

11 Mei 2013

Keesokan harinya, kita persiapan. Penerbangan kita waktu itu jam 14.25, tapi kami check out hotel jam 10.00 dan menuju ke Changi Airport, supaya tidak ketinggalan pesawat. Sampai di Changi, kita langsung me refund tiket MRT kita dan mengembalikan kartunya. Lumayan dapet 6.20 SGD. Dan kalau bingung penerbangan kita di terminal dan gate mana, disana banyak sekali LCD yang menampakkan tujuan kita, pesawat dan Terminalnya. Disini kita tidak perlu bayar airport tax lagi. Kita kembali ke Terminal 1 naik Skytrain menuju terminal 1. Trus puter puter di daerah bandara karena sangat luas dan tempatnya bagus. Jangan lupa, kalau kita punya uang receh SGD dalam jumlah banyak, dihabiskan saja untuk tambahan oleh oleh disana, karena uang receh tidak bisa di tukarkan dalam Rupiah. Sayang khan kalau tidak bisa ditukarkan kecuali kalo kita mau koleksi uang tersebut. Wehehehe..kita habiskan deh akhirnya recehan SGD itu. Dapet banyak makanan lho…lumayan tambahan oleh oleh!!Langsung deh kita masuk ke Imigrasi untuk masuk ke Pesawat Air Asia Terminal 1 Gate D41. Duit masih sisa 54,2 SGD J !!

Perjalanan pulang menuju Semarang……….Thank You GOD kita sudah diberi kesempatan menengok Negara tetangga. Thank You SINGAPORE…

Info : Harga makanan dan minuman

Paling murah 3.5 SGD (udah pake nasi) kalau mau cemilan 0.9 – 3SGD, Paling mahal ya tidak terhingga!!Dibudget saja makan 1 org 1 x 5SGD. Tapi kalau lebih murah lebih bagus khan??!! Kalau harga minuman beragam, tergantung tempatnya juga, kalau di Geylang 1 Kaleng 1SGD – 1.2SGD, Klau di China Town malah ada yg 1SGD dapet 3 kaleng…wakakakak!!

Info : Budget Semarang Singapore 2 orang Dewasa (3Hari 2 Malam)

Tiket PP Semarang Singapore 2org                           2.800.000 (tmsk bgasi 15Kg)

Hotel 2 malam                                                                      980.000 (tdk tmsk sarapan)

Biaya hidup di Singapore 3 hari                                   2.400.000   (300SGD, tmsk makan, tiket MRT, oleh oleh)

Airport Tax Semarang –Singapore                               200.000

Total

6.380.000 (murah khan, buat berdua lho, gak usah pake tour!!)