jump to navigation

Mengecilkan dan Mengencangkan Perut dengan Diet Sehat J, Agustus , 2012

Posted by mirya18061985 in Uncategorized.
trackback

Coba perhatikan lingkar pinggang! Berapa senti kah dia? Apakah kalian mau terus_terus an dirundung pikiran yang tidak ada henti hentinya untuk mengecilkan lingkar pinggang, mempersempit jalan penyakit yang mau mampir dan menyebar ke seluruh tubuh anda? *ngelus perut*. Memang banyak sekali artikel atau jurnal tentang diet. Seminar atau apalah itu didalam kemasan pil, obat atau susu pelangsing. Berbeda dengan yang lainnya yang cuma berisi imbauan himbauan saja, tapi ini benar benar pengalamnku mengecilkan dan mengencangkan perut atau lingkar pinggang. Kondisiku saat itu setelah 7 bulan setelah melahirkan. Karena anakku sudah tidak bergantung pada ASI 100% jadi aku berani ambil langkah diet ini. Tapi aku tidak pernah menggunakan pil pelangsing, teh pelangsing, perawatan pelangsingan atau apapun itu karena aku masih menyusui sampai sekarang.

Buat laki laki diet mungkin akan terasa lebih mudah. Hanya dalam beberapa bulan saja mereka dengan cepat memiliki otot karena memang mereka memiliki otot lebih banyak. Testosteron yang sebabkan ini. Lain juga dengan wanita yang punya lebih banyak progesteron mereka lebih susah untuk mendapatkan otot. Lelaki gendut pasti punya banyak hormon wanita di tubuhnya..hahaha!celakanya, wanita yang kelebihan lemak di perut biasanya langsung depresi, lain dengan laki laki yang berperut buncit biasanya menandakan bahwa mereka sukses. Ya nggak tau juga sih!!

Memang tidak adil sih buat wanita apalagi wanita suatu hari harus mengandung dan melahirkan. Otomatis perut juga ikut melar. Tapi siapa yang bisa menyanggah kalo wanita itu harus sempurna dengan perut rata. Sebagian wanita mungkin bilang ngga apa apa gendut memang ngga bisa kurus. Wah udah nyerah dulu dong. Its ok bilang begitu, tapi pendapat orang lain gimana? Atau suatu hari menghadapi gaun pengantin yang langsing atau baju seksi? Ada benarnya juga khan!yuk barenag bareng berdiet sehat.

Fyi, umur 17 tahun berat badanku 43 kg ehehe cherrybelle banget, trus sebelum menikah 45 kg. Hamil di bulan terakhir 57 kg. Setelah melahirkan berat badanku turun jadi 51 kg. Selama kurang lebih 6 bulan aku masih menstabilkan berat badanku dengan mengkonsumsi tambahan 500 kalori karena demi ASI yang baik buat 6 bulan anakku. Untungnya berat badanku masih stay di 51kg. Setalah bulan ke 6 segalanya jadi makanan favoritku. Keterusan makan segalanya. Trus sewaktu bulan itu juga berat badanku naik satu kilo jadi 52kg. Hmm melihat pertumbuhan anak sih senang banget, tapi kalo pertumbuhan alat timbang badan…aih langsung saja aku niatkan kembali ke berat badan asalku. Target sih 45 kg. Muluk muluk banget ya,yah dicoba aja. Tapi aku mau yang sehat aku ga akan mau diet kurang gizi. Aku masih menyusui anakku.Ini loh urutanku kalo mau berhasil diet, bagi bagi pengalaman boleh khan

Niat dan tekad

Yang mendasari segalanya adalah yang satu ini: niat. Tapi lebih keras lagi yaitu tekad!susah kalo udah ketemu tekad lama lama jadi nekad!jangan dong kalo nekad..ehehe. Tidak ada sesuatu yang instant. Mie instant aja kalorinya harus digantiin sama aerobic 30 menit!makanan instant kayak junk food apalagi. Serba instant itu ada kalanya, tapi untuk urusan tubuh jangan ya!ga baik. Jadi kalau 2 atau 3 bulan kalian menjalani diet belum ada perubahan kalian tidak boleh menyerah. Itu namanya tekad. Kalian harus realistis dong. Lemak di pinggang udah nongkrong disana berapa tahun? Masak lemak yang umurnya 10 tahun di perut mau dihilangkan dalam 1 bulan, ya gimana ya…masuk akal nggak??Ini contoh asli. Lemak diperutku itu 4 tahun, ditambah melar waktu hamil, ya bisa jadi aku harus bersusah payah selama itu. Tapi gak kok. Tuhan itu baik. Semua orang yang mau berusaha pasti diberi jalan. Buat yang satu ini ga ada salahnya loh. Hanya dengan 4 bulan saja, lemak 4 tahun menghilang..sehat loh bukan diet menyiksa!

Makanan

Ya yang satu ini biasanya jadi momok. Bagi yang mau cepat turun berat badan dan menghilangkan lemak pinggang secara instant biasanya mereka memilih jalan ga makan. Cuma sekali makan aja..eh gila bisa mati dong! Trus coba lihat, ada banyak makanan enak. Shortcake, cheese cake, blackforest, brownies ehehe boleh kah makan itu? Ya tentu saja boleh. Ini kan kesempatan kalian merasakan indahnya dunia. Jangan takut sama begituan. Tapi sedikit saja dulu ya selama program ini, kalo udah terbiasa dengan program diet ini, kalian juga akan bisa menimbang kalori makanan makanan seperti itu. Ahh didunia ini banyak makanan dan minuman enak. Jadi jangan bilang nggak ya!Makan merupakan hal terpenting kedua karena disini kita hitung menghitung kalori makan harian kita. Untuk program ini aja ya…jangan sampai lupa. Bagaimana cara menghitungnya? Kalian bisa searching dan googling di internet cara mnghitung kalori. Kalo aku dulu aku batasi 1200 kalori. Supaya ga kurang gizi. Tetap makan 3x sehari, tetap makan nasi tapi dibatasi jadi setengah atau seperempatnya. Nah karena sudah terbiasa, biasanya jumlah semua makanan dan cemilanku tiap harinya kurang dari 1200 kurang dikit! Jangan diet karbohidrat. Itu juga termasuk gizi. Karbo di roti lebih besar daripada nasi. Paling kecil itu kentang. Kalo tubuh kurang karbohidrat, kita pasti sering lapar. Itu artinya metabolisme kita berjalan dengan baik. Tapi batasi makannya ya !jangan keterlaluan. Sesuatu yang berlebihan itu ga baik. Boleh makan sebelum olahraga di beri selisih 1 jam. Kalo aku sih biasanya makan sesudah olahraga dan mandi. Terserah sih. Untuk info kalori bisa search aja di jurnal lainnya. Contohnya bisa klik disini.

Minuman

Nah ini hal penting yang ke 3. Kenyataannya hampir seluruh tubuh kita ini terdiri dari air. Jadi ya ini ga bias dielakkan lagi minum 8 gelas sehari. Dari pada menjejer gelas, gini aja deh, tau kan botol air mineral yang beratnya 600ml?nah pake itu aja ngitungnya. Yang dingin lebih enak khan?ya udah minum yang dingin aja. Aku juga kok. Kalo 600ml dikalikan 3 hasilnya udah 1,8 liter. Lha katanya sih 8 gelas air putih itu  2 liter. Ehehe berarti cukup 3 botol itu lebih dikit. Gampang khan…ga susah minum segitu! Air itu juga penting lho!melancarkan darah dan jaringan di dalam tubuh.

Olahraga

Maaf ya teman teman ini memang sering banyak disebut dimana mana. Banyak ya jurnal yang nyebut olahraga demi diet. Tapi coba praktekan yah!!point ketiga ini penting juga. Kalo kalori kalian udah tergerus dan hamper habis. Tinggal pengencangannya saja. Apalagi kalo olahraga teratur, kalori harian berkurang sesuai dengan aktivitas yang dibakar. Tapi aku ga main main soal ini. Kebetulan saat program, ada aerobic gratis di tivi bersama fenny rose. Absen satu hari pun aku ga pernah.

Kalo udah ber TEKAD  ya ayo jalankan!jangan setengah setengah. Bangunlah lebih pagi seperti yang aku lakukan. Siapkan sepatu. Ayo berjogging. Memang sih di Indonesia gak banyak yang seliwar seliwer olahraga apalagi kalo kulit kita halus mulus bersinar pasti di suit suit cowo jalanan. Itu yang bikin males. Ya siasatnya bangun jam 5 pagi aja, biar ga malu. Disaat orang orang masih terlelap dan bermimipi. Disaat maling maling udah pulang rumah untuk istirahat. Disaat anak jalanan pada tepar di jalanan. Ayo bergerak!!ga usah lama lama 30 menit udah bikin keringat!jangan ngoyo ntar capek loh. Hari hari awal bikin capek, kaki dan badan pasti pegel. Lama kelamaan tubuh akan terbiasa dan beradaptasi dengan ini. Joggingnya jangan keterlaluan ya biasa aja, jgn berlebihan seminggu 3 kali aja.

Trus aerobic yuk. Kalo gak, ya dance aja 30 menit. Tariannya jelek gpp tapi kan bergerak dengan penuh semangat. Daripada ga ngapa ngapain, lemak semakin menebal…sedih!ga usah ikut kelas aerobic. Ntar duitmu abis buat begituan. Kan bisa sendiri joged joged kayak orang gila. Kalo nge gym boleh juga sih, tapi tau ga alat treadmill itu kan empuk beda loh rasanya sama aspal di depan rumah. Lebih keras lebih berkeringat lebih asoy!

Kalo ga kuat lari jogging ya jalan kaki lebih enak juga. 45 menit itu udah kerasa.

Yah kalo mau tambah cepet ya kalo mau kemana mana jalan kaki aja. Rasanya tidak bersalah kalo jalan kaki. Nah, seiring dengan turunnya berat badan, maka perut yang menggembung mulai mengecil. Tidak akan menggelambir karena kalian mengerjakan ini dengan OLAHRAGA,otomatis kencang!Oya, coba di observasi, manakah bagian tubuh kalian yang pertama kali gemuk, diurutkan ya!maka, tubuh kalian yang mengecil biasanya sesuai urutan yang terakhir. Contohnya, yang duluan gemuk : perut, paha, pipi, jari tangan. Maka yang kecil duluan urutannya adalah : jari tangan, pipi, paha, dan perut yang terakhir

 

Overtraining

Kata kata Overtraining memang jarang didengar. Ya, overtraining adalah suatu kondisi dimana kalian melakukan olahraga yang berlebihan. Ingat, segala sesuatu itu baik bila cukup, jangan berlebihan.

Pengalamanku waktu itu, aku jogging seminggu sampai 5 bahkan 6 x 30 menit…wow!badan rasanya pegal semua, kakiku langsung lemas. Nah seminggu kemudian aku jatuh sakit. Setelah sembuh dari sakit, aku mulai dengan pola olahraga yang berlebihan seperti itu lagi. Lalu aku jatuh sakit lagi. Sebulan sampai dua kali aku jatuh sakit. Akhirnya aku tau kalo aku overtraining, terlalu berlebihan. Makanya, semua hal di dunia ini tidak baik kalo didapatkan dengan cara yang instant. Jadi kalo kalian bisa mendapatkan hasil diet dengan cara benar dan baik, maka tubuh pun beradaptasi dan mereka tidak akan semudah itu kembali gendut. Bisa dibuktikan!

Jadi mari kita berdiet dengan target yang tidak muluk muluk. Kita perlu realistis, tidak ada sesuatu yang instant. Ini perlu kerja keras, kedisiplinan dan kesabaran. Dan..Voilla….4 bulan yang lalu aku masih sebulat 52 kg dan 4 bulan kemudian menjadi 45.5 kilogram!!BRAVO!!Ayo…Selamat Mencoba, Goodluck!

Komentar»

1. mayang - J, April , 2014

waw salut, inspiring bgt ! aq juga ibu habis melahirkan tp sayangnya ga menyusui karena bayiku bingung puting. sepertinya menyusui itu punya andil banyak juga ya ? haha, , maklum skrg bbq 62 lingkar perut 93cm #menyiksa

mirya18061985 - J, April , 2014

menurut saya menyusui itu baik untuk si adik dan bagus juga untuk ibu nya. kalo untuk ibunya, katanya ASI eksklusif selama satu hari bisa membakar kalori sd 600kalori atau sama dengan lari marathon selama 30 menit. itu salah satunya sih sis. yaa tapi apa boleh buat kalo si adek udah bingung puting, soalnya dulu pertama kali bayi ku juga bingung puting, tapi sekarang sudah bisa kok. trus untuk nglangsingin badan, yang penting disiplin dan sabar itu sis. selamat mencoba

2. cara mengecilkan perut buncit - J, Oktober , 2014

Info yang menarik silahkan mampir ke lapak
ane gan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: