jump to navigation

Cinta Cenat Cenut J, Februari , 2012

Posted by mirya18061985 in Uncategorized.
trackback

Cinta adalah  sebuah kata yang tersusun dari lima huruf. Cinta mempunyai banyak arti dan luas maknanya. Banyak sekali definisi cinta yang diciptakan. Kemungkinan definisi cinta itu bisa muncul dikarenakan kondisi seseorang saat itu. Tapi, cinta bisa di definisikan sebagai sebuah emosi dan kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi (http://id.wikipedia.org/wiki/Cinta ,Cinta, 15 Februari 2012 ). Dari definisi tersebut,cinta adalah sebuah kata sifat. Perasaan cinta bisa dirasakan oleh semua orang karena cinta itu muncul dari akibat sosialisasi dengan masyarakat sekitar. Cinta hubungan yang bisa terjadi antara anak dengan orang tua, antar remaja, suami istri,dsb.

                Karena sifat cinta bisa dirasakan semua orang, maka tidak heran tema Cinta banyak diperbincangkan di segala strata masyarakat umum. Begitu juga dengan mayarakat di negeri ini. Ya, di Indonesia  tema cinta temasuk salah satu topik menarik. Ditambah lagi, berbagai media yang meng-ekspose segala sesuatu yang berhubungan dengan topik cinta. Khususnya di kalangan remaja, Topik cinta bercerita seputar hubungan antar remaja putra dan putri atau ketertarikan dengan lawan jenis. Bisa jadi membicarakan tentang, pendekatan, jadian, pacaran, putus cinta,dsb.

                Banyak remaja yang memiliki permasalahan seputar cinta yaitu cinta ketertarikan dengan lawan jenis .Hal ini dikarenakan mereka sedang memasuki masa pubertas.

Sedangkan masa puber secara emosional pada perkembangan remaja ditandai dengan mulai adanya ketertarikan dengan lawan jenis (  http://www.anakperempuan.com/pengembangan-diri/depresi-dan-masa-puber/  ,Depresi dan Masa Puber, 15 Januari 2012).

                Begitu banyaknya topik cinta juga digunakan semua media di Indonesia khususnya untuk membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan cinta. Dan tentu saja topik cinta selalu berbeda dari tahun ke tahun. Berbagai macam masalah cinta muncul dikarenakan perkembangan jaman. Tidak heran banyak sekali istilah baru yang mewakili topik cinta akhir akhir ini. Contohnya LDR atau Long Distance Relationship , Jomblo, Galau, Cinlok, dll. Tidak lepas dari tahun tahun belakangan ini di Indonesia, begitu banyaknya hal yang membahas tentang cinta yang laris dibicarakan di Indonesia sekarang. Salah satunya yang laris diperbincangkan adalah istilah Cinta Cenat Cenut.

                Pada awal mulanya, Cinta Cenat Cenut adalah sebuah judul lagu yang dipopulerkan oleh Grup Boyband yang sedang naik daun, yaitu SM*SH. Dengan lagu pertama mereka yang meledak berjudul I Heart You, dan didalam lirik pertama lagu itu, terdapat kata kata fenomenal yaitu Cenat Cenut.

                                                Mengapa hatiku cenat cenut tiap ada kamu

                Dari arti Cenat Cenut sendiri sebenarnya hampir tidak mempunyai arti dalam bahasa Indonesia. Kata kata ini biasanya digunakan pada bahasa Jawa. Contoh kalimat :

  1. Aku loro untu rasane cenat cenut  – aku sakit gigi rasanya cenat cenut –
  2. Sirahku cenat cenut,loro banget! – kepalaku cenat cenut, sakit sekali –

Dilihat dari kedua contoh kalimat diatas ,dalam bahasa Jawa cenat cenut diartikan sebagai kesakitan karena rasanya seperti berdenyut denyut.

                Cenat Cenut bisa dikatakan fenomenal mungkin karena dinyanyikan oleh Grup Boyband yang sedang naik daun saat itu sehingga lagu I Heart You sering diputar di berbagai media televisi maupun radio. Perkataan yang berulang ulang menyebabkan pengulangan itu mudah diingat. Barangkali kita sepakat bahwa sebuah lagu yang sering kita dengar berulang kali akan sulit dilupakan (http://emasindotronik.blogspot.com/2011/01/mudah-diingat-bag-1.html , Mudah Diingat Bag.1, 15 Januari 2012). Selain itu, Cenat cenut hanya memiliki satu perbedaan huruf yaitu A dan U.

                Kata cenat cenut terasa sangat fenomenal ketika kata kata ini dipakai oleh banyak kalangan muda dalam percakapan sehari hari, di jejaring sosial, bahkan berbagai sosial media mengabadikannya. Contoh sederhana fenomena ini adalah adanya Grup band dadakan yang terdiri dari public figur dan pelawak di Indonesia yang mempunyai nama hampir mirip dengan SM*SH yaitu dengan judul lagu yang mereka bawakan Cinta Cenat Cenut. Selain itu Kata kata ini juga diabadikan di dalam sebuah sinetron di salah satu stasiun televisi  swasta Indonesia yang berjudul Cinta Cenat Cenut.

                Cinta memiliki banyak arti tapi merupakan hal yang kompleks. Itulah sebabnya cinta banyak dibicarakan di masyarakat. Di Indonesia khususnya, Cinta juga mengalami perkembangan istilah yang biasanya digunakan oleh remaja.Dilihat dari contoh di atas, Cinta Cenat Cenut salah satu istilah yang banyak dibicarakan akhir akhir ini di Indonesia.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: