jump to navigation

Nama Anakku J, Agustus , 2011

Posted by mirya18061985 in Uncategorized.
trackback

Pernah berpikir jauh jauh hari untuk menamai anakku (yang waktu itu di perkirakan lahir dengan jenis kelamin perempuan) dengan nama yang unik dan penjang kayak kereta api, mungkin akan terlihat keren…itu aja menurutku. Tapi tiba tiba aku membaca sebuah tulisan yang menarik, aku ga perlu menyebutkan sumbernya, bahwa nama anak tidak perlu panjang, rumit, unik atau malah aneh. Beberapa alasannya masuk akal yang bisa aku terima:

  1. Aku ingat, aku punya nama yang lumayan unik (kala itu) di tahun 85. Aku baru bisa menyebut namaku dan mengeja nama serta menuliskan nama panjangku dengan benar dan tepat sewaktu umur 5 tahun. Hehehe…Sampai sekarang orang orang yang menanyakan namaku selalu kesulitan menuliskannya. Apalagi nama anak jaman sekarang yang aneh aneh dengan penulisan yang sulit sangat merepotkan diri mereka sendiri dan orang lain.
  2. Trus, aku juga ingat sewaktu ujian sekolah dulu, aku menghabiskan waktu lebih lama beberapa detik dari teman temanku untuk menuliskan namaku. Apalagi nama di Tanda pengenal seperti KTP dan KK juga tidak boleh salah (petugas Kelurahan dan kecamatan kan suka ngawur!!!)
  3. Alasan berikutnya karena suamiku agak kesulitan menyebut bahasa asing atau kata kata yang bikin lidah kesleo. Nama anakku sekarang aja masih agak susah menyebutkannya. Aduh kasian sekali alasan yang ini
  4. Alasan yang lain yaitu sederhana

Akhirnya Maria Avelina Wicaksono, sederhana tapi cantik, mengandung arti yang baik dan mewakili niat kami sebagai orang tua.

  1. Maria adalah nama babtis nya.
  2. Maria Avelina seperti kata kata Maria Ave atau Ave Maria yang artinya doa Salam Maria
  3. Avelina artinya anak perempuan yang memang ayahnya sangat sangat sangat menginginkan anak perempuan
  4. Wicaksono adalah nama belakang ayahnya. Semoga ayahnya selalu membimbingnya, menjaganya sampai dia tua nanti dan sampai dia mati. ‘Wicaksono’ artinya Kebijaksanaan -Wuih agak berat nih.
  5. Panggilan nya Vella dari kata Avella (bahasa Italia) artinya cahaya. Karena ayahnya punya doa setelah kami menikah semoga anak ini isa menjadi garam dan terang dunia.

Terwujud atau tidaknya harapan kami nanti padanya tidak menjadi masalah bagi kami, tapi kami akan mendidiknya dengan kasih sayang itu saja. Nama ini juga tidak tergolong berat Dia tidak akan terbebani punya nama ini. Mungkin yang terlihat berat adalah nama belakang ayahnya ‘Wicaksono’ dimana mungkin suatu saat dia diharapkan bisa menjadi bijaksana.

Semoga Kamu sehat selalu Vela….

 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: