jump to navigation

Perkembangan Anak Kelinci – ku J, Februari , 2010

Posted by mirya18061985 in Uncategorized.
trackback

24 Januari 2010 merupakah hari spesial buat keluarga Suparyanto. Karena keluarga kita bertambah lagi dua ekor!!!Hahahaha….2 ekor??Yupz…yaitu dua ekor anak kelinci yang lahir sehat di kandang nya. Tidak lain dan tidak bukan adalah anak Black Bely. Mungkin Molly atau Belo adalah dua nama yang mewakili kondisi dan rupa yang dimiliki masing masing anak Kelinci.

Waktu itu Minggu Siang tanggal 24 Januari 2010, satu hari lebihnya dari perkiraan Bely akan melahirkan. Mungkin aku kira saat itu Bely tidak mungkin hamil. Tapi saat aku mau membersihkan Kandang Bely, aku melihat Bely mainan seonggok daging. Ternyata Bely punya anak dan saat itu juga aku histeris sampai tetangga sebelah ikut ikutan kaget dan mampir kerumah untuk melihat lihat anak Bely yang baru lahir.

Dari prediksi sebelumnya Bely akan melahirkan tanggal 23 Januari 2010 dan mungkin akan punya 4 anak. Ternyata Bely hanya punya 2 anak (mungkin Bely ikut program KB = Keluarga Bely). Yang penting mereka berdua sehat itu sudah jadi nilai plus. Saat pertama mereka lahir, aku bingung harus berbuat bagaimana. Aku siapkan dus dan lap atau apapun itu untuk membuat anak kelinci nyaman dan tetap hidup sampai besar. Ternyata setelah aku menelepon seseorang yang ahli kelinci, dimana aku mengawinkan Bely di kios kelincinya, (Baca post lain di Libur Tapi Ga Libur – Natal 2009 ) aku harus tenang supaya lingkungan disekitar tempat Bely melahirkan juga tenang. Dan sebaiknya Anak anak kelinci juga disatukan dengan induk mereka. Menurutku juga masuk akal, mereka lebih baik mati karena jadi satu dengan induknya daripada mati karena dipisahkan dengan induknya.

Bely sehabis melahirkanSaat pertama melahirkan Bely tidak siap dengan sarangnya, karena aku juga tidak menyiapkan. Wow…mereka merah merah. Bely langsung membersihkan lendir atau mungkin itu disebut air ketuban dan memutus Tali pusar mereka. Fyi, Kandang Bely cuma ditambah dengan serutan kayu yang halus dan empuk untuk sarang. Selain itu, setelah melahirkan Bely mencabuti bulunya sendiri dan dibuat gumpalan gumpalan mirip harum manis dengan tujuan supaya anak anaknya tetap terjaga hangat.

Satu minggu berlalu, Akhirnya aku bisa melihat anak Bely tumbuh semakin besar dengan panjang yang lebih panjang dan berat semakin bertambah pula. Apalagi untuk umur satu minggu, Anak Bely sudah kelihatan Bulunya. Warna coklat muda bulunya, sangat halus dan lembut.

Molly seminggu kemudian

Lalu tepat 8 hari setelah mereka lahir, mereka sudah bisa membuka mata sedikit demi sedikit dan ‘berjalan’ . Baru kali in aku lihat Kelinci tidak melompat. Mereka sangat aktif dan suka berputar putar sambil sesekali membuka mata hitamnya.

Belum ada dua minggu, sekitar 11 hari dari hari kelahiran mereka, mereka sudah bisa meloncat dengan lincah. Dan setiap ada getaran suara, telinga mereka yang bertambah panjang juga ikut bergetar mengikuti rangsangan suara. Hahahha

Moly dan Belo

Moly kakaknya Belo

 

3 MInggu dan sudah makan makanan padat

Komentar»

1. gilank - J, Mei , 2010

gimana ya mengetahui kelinci hamil soalnya aku takut kelinci betina ku mati……..karena aku satuin kandanya sama yang jantan……..akan mengakibatkan apa???

2. mirya18061985 - J, Mei , 2010

Halo salam kenal
Trims sudah komen di blog ku..
Ini jawaban berdasar pengalamanku dengan kelinci yang aku pelihara. Jarak kelinci kawin dengan kelinci melahirkan adalah 1 bulan. Ciri ciri mereka kelinci betina yang sedang hamil biasanya mereka lebih sensitif dan suka menggaruk nggaruk tanah seperti membuat rumah yang hangat untuk anak anaknya, biasanya bulu nya rontok memang begitu tujuannya untuk selimut anak anaknya. Kalau dalam jangka waktu antara kawin sampai dengan 1 bulan 1 minggu tidak keluar anak, maka kelinci itu mandul dan perubahan terlihat dari badannya yang semakin gendhut.
saat kelinci melahirkan jangan panik karena itu juga akan mempengaruhi mental ibu kelinci. Usahakan lingkungan saat melahirkan tenang dan siapkan kardus yang dilapisi lap bekas biar empuk. Setelah 15 menit di pisahkan, jangan pernah memisahkan induk dengan anaknya karena induk kelinci bukan induk tikus, mereka tidak akan makan anak sendiri.
Oya pisahkan kelinci jantan dari kelinci betina selama masa kehamilan karena ini tidak baik bagi kondisi psikis si induk…si jantan akan terus kawin sedangkan betina terus merasa tertekan dan hal ini menyebabkan kematian janin
Semoga bisa membantu.

3. Moses - J, November , 2011

maaf saya mau nanya nih
kelinci saya kok sudah 7 bulan tapi belom mau kawin dengan pejantannya ya? apa mbak punya saran?

mirya18061985 - J, Februari , 2012

Q :maaf saya mau nanya nih
kelinci saya kok sudah 7 bulan tapi belom mau kawin dengan pejantannya ya? apa mbak punya saran?
A : anak kelinci saya saat ini sudah berumur satu tahun dan memang sudah saatnya untuk kawin. Kebetulan kedua anak kelinciku semuanya berjenis kelamin laki laki. Sudah setaun lebih mereka tinggal di kandang yang sama. Mereka mungkin sudah terlembat bagi mereka mengenal kelinci betina. Mungkin sekarang m,ereka bisa disebut ‘maho’ bahasa gaulnya. 🙂 dan saya pernah memisah mereka dan memberikan kelinci betina tapi hasilnya NOL.
Kesimpulannya mungkin pada kelinci jantannya yang kurang berani menghadapi betinanya. Dibutuhkan kesabaran untuk mencapai itu.

4. Rifa - J, November , 2011

maaf q mau tnya,, smalam kelinci q ngelahirin 6 anak,, tp smuax mati..
kira-kira dy ngelahirin lgi dalam jngka waktu brpa lma ya..??
terima kasih..

mirya18061985 - J, Februari , 2012

Q :maaf q mau tnya,, smalam kelinci q ngelahirin 6 anak,, tp smuax mati..
kira-kira dy ngelahirin lgi dalam jngka waktu brpa lma ya..??
terima kasih..
A :Kalo untuk kelinci setauku dalam waktu sebulan dia pasti sudah beranak pinak, karena itu merupakan ‘hobi’ mereka para kelinci. Mungkin bisa membantu

5. bunda five - J, Maret , 2012

haaa….haaa….sama seperti aku waktu amel mlahirkan 3 anaknya….kaget n bingung….setiap jam 2-3 pagi aku bangun lihat amel n anaknya, takut induk tdk mau mnyusui anaknya. tapi Alhamdulillah mreka sehat n lucu suka rebutan tempat tidur, tindih2an, rebutan nyusu n bercanda….alfa sang bapak suka ngintip dr jendela minta masuk ke dlm rumah….amel n bayinya di dlm rumah n alfa diluar…

6. Tania - J, Juni , 2012

kelinci yang berumur 14 hari boleh dipegang gk????

takutnya klo dipegang nanti gak mau disusuin sma induknya????

mirya18061985 - J, Juni , 2012

Kelinci berbeda dengan tikus atau hamster. Pertama kali aku pikir juga demikian. Ternyata setelah dipegang, mereka tidak memakan anaknya. Tapi jangan sering memgang anak kelinci karena anak kelinciya yang bisa stress. percayakan pada ibu kelinci saja 🙂

Riski - J, Agustus , 2012

Kelinci ku baru melahirkan 8 anak, gmn kalau anak kelincinya di kasih susu ultramilk ? krn induknya sering menginjak-injak anaknya, jadi di pisahkan, gak maslah kan ? mohon balasannya …..

mirya18061985 - J, Agustus , 2012

masalah diinjak injak ato gimana itu terserah pada induknya. Maksudnya jangan khawatir, induk pasti tau yang terbaik untuk bayinya. Mereka tidak seperti hamster yang bisa memankan anaknya. mungkin induknya berniat membuat anaknya supaya hangat dan tidak kedinginan. Jangan dipisahkan ya! Mereka lebih tau cara merawat anak mereka dari pada kita, karena itu naluri mereka masing masing. Mereka butuh induknya. Biarkan keluarga kelinci tumbuh alami dengan keluarganya.OK

7. Aan - J, Desember , 2012

Sebaiknya kalo kelinci melahirkan jangan dipisahkan sama anaknya. Induk kelinci punya naluri untuk menyusui bayinya. Ga usah panik dan takut. Yang penting makanannya harus dijaga dan diperbanyak, agar susu induk selalu ada…. Semoga bermanfaat 🙂

8. cinta fitri - J, November , 2013

saya mau nanya,kelinciq dah berumur 10 hri kok belum buka mata ya,dan indukny ngk mau menyusui krna kakinya cacat.jdi selama ini sya yg menyusukan pagi dan malam hri.pertanyaan sya,apa efek buat sibayi kelinci klo sering saya pegang,terimakasih

mirya18061985 - J, November , 2013

halo..saya belum pernah mendengar kasus yang seperti itu, kalo bisa langsung ke dokter hewan saja supaya segera bisa ditangani.

9. novia - J, Mei , 2015

saya mau nanya,waktu kelinci saya hamil dia buat lubang di dalm kandang,kbtlan kandangnya langsung di tanah,dan pas td siang saya liat,dia lama banget masuk ke lubang itu,dan waktu dia keluar pantatnya berdarah,apakah dia sdh melahirkan,tp sesaat kemudian dia timbun lubangnya,knp ya….

10. novia - J, Mei , 2015

tolong di balas segera ya…saya takut klw memang sudah ngelahirin,anaknya mti di dlm lubang.


Tinggalkan Balasan

