jump to navigation

Jika Bayi Tidak Bisa Menggunakan Dot J, Februari , 2012

Posted by mirya18061985 in Uncategorized.
trackback

Senangnya memiliki bayi tidak bisa diukur dengan cara apapun. Para ibu pun berlomba lomba untuk memberikan yang terbaik bagi si buah hati. Setelah bayi lahir dia juga butuh kasih sayang dari kedua orang tua serta semua orang di sekitarnya terutama sang ibu. Untuk memberikan kasih sayang, tidak hanya berupa sentuhan, ciuman dan pelukan tetapi juga dalam pemberian makanan pokok sehari hari untuk bayi. Yaitu ASI (Air Susu Ibu) yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah untuk diberikan secara eksklusif selama 6 bulan pertama masa hdup bayi.

ASI adalah minuman dewa untuk bayi. Mengapa saya menyebutkan demikian? Sebenarnya tidak perlu makanan tambahan lain, ASI sudah melengkapi segala kebutuhan bayi. ASI dibutuhkan bayi karena ASI sifatnya seperti makanan. Selain sebagai  makanan dan minuman bagi bayi, ASI juga berfungsi sebagai obat segala penyakit untuk bayi. Dan anehnya, Sebanyak apapun ASI diberikan tidak akan membuat bayi gemuk atau obesitas. Benar benar multifungsi. Bayi tidak akan kekurangan satu apapun bila diberi ASI. Selain untuk jasmani nya, kedekatan antara ibu dan bayi akan sangat terasa. Ini membuat chemistry ibu dan anak menjadi semakin tak terpisahkan. So sweet…

Aih seandainya ada minuman seperti ASI bisa mengenyangkan, sarat gizi, menyembuhkan penyakit dan tidak bikin gendut. Ya, itulah enaknya bayi bisa merasakan hal itu. Jadi sebisa ibu berilah ASI untuk bayi anda. Karena ASI itu anugerah komplit yang diberikan Yang Maha Kuasa kepada para ibu dan untuk bayi

Kembali ke program pemerintah yang menyarankan untuk ASI eksklusif selama 6 bulan pertama bayi. Hal ini juga tidak lepas dari berbagai macam masalah yang akan ditemui para ibu. Seorang ibu mengaku ASI nya tidak keluar. Menurut saya, ASI itu tidak keluar karena sang ibu tidak ada keinginan untuk menyusui. Biasanya sewaktu hamil 7 atau 8 bulan para calon ibu bisa melihat colostrums (ASI berwarna bening), dan kalau setelah melahirkan tidak keluar tunggulah beberapa hari. Tuhan memberikan anugrah luar biasa kepada para ibu untuk bisa hamil, melahirkan dan memberikan ASI. Itu semua kodrat. Jadi berpikirlah positif dan anda pasti bisa melakukannya.

Tetapi, bila ASI eksklusif selama 6 bulan sudah diberikan, sebagian ibu pasti ingin bayi juga merasakan susu formula. Susu formula adalah susu tambahan dan fungsinya tidak bisa menggantikan ASI bagaimanapun cara dan bentuknya. Pemberian susu formula biasanya ditaruh dalam dot. Dot mempunyai kemasan yang berbeda dari ASI. Dan bayi yang mempunyai kebiasaan menghisap ASI tentu mempunyai pengalaman yang berbeda dengan menghisap Dot. Tentu saja hal ini perlu digaris bawahi. Bayi biasanya akan mengalami kesulitan dalam menghisap dot seperti hal nya dia belajar menghisap ASI di hari pertama dia lahir. Lalu apa yang akan kita lakukan?

Bayi pasti akan menolak dot bila di hari pertama dia mencoba dot. Bila ibu menginginkan bayi benar benar bisa menggunakan dot, maka bulatkan tekad ibu untuk mengajarinya. Ahli laktasi mungkin akan berpendapat bila anak yang tidak bisa dot lebih baik minum dot dengan disendok dalam gelas sedikit demi sedikit. Tapi hal ini juga membuang waktu. Lalu harus bagaimana?

Salah satu cara adalah waktu bayi masih mendapatkan ASI eksklusif, gunakanlah penyedot ASI atau Breast Pump utnuk memberikan ASI dalam dot. Tapi bagaimana jika anda terlanjur belum menggunakan ASI dalam dot?

Dari pengalaman, saya juga ingin anak saya bisa menggunakan dot. Hari pertama bayi coba dot, dia terus terusan menangis menolak dot dan berteriak teriak. Tutuplah pintu kamar dan rumah supaya tetangga tidak dengar. Kondisikam rumah dalam keadaan kosong. Mungkin sebagian anda tidak akan tega memaksanya untuk bisa menggunakan dot. Tapi kembali lagi, hal ini adalah pembelajaran. Waktu itu anak saya selama 30 menit menangis teriak teriak. Mukanya jadi merah. Memang terlihat kasihan, tapi akhirnya karena kecapekan dia akan menyerah sendiri dan berusaha menikmati minumannya lewat dot sampai tertidur. Eits belum selesai ibu, mungkin selama satu hari dia akan berkelakuan sama. Yang pasti itu tekad ibu masing maing. Selama kurang lebih 3 hari dia menjadi seperti itu, tapi jangan pernah kelolosan satu haripun mengajarinya supaya dia tidak lupa cara mengedot. Pembelajaran ini juga nantinya akan berguna untuk anak anada di kemudian hari dimana dia akan belajar sesuatu yang baru seumur hidupnya. Jangan lupa juga untuk terus melanjutkan pemberian ASI selama 2 tahun pertama anak anda!

Itulah pengalaman yang bisa saya bagikan kepada anda. Itulah yang saya lakukan sewaktu pertama kali memberikan ASI dan dot pada anak saya. Tapi hati hati ibu, hal ini tidak bisa diterapkan sewaktu memberikan makanan pertama mereka. Khusus untuk pemberian makanan, pemaksaan akan membuat trauma pada bayi anda dan membuat bayi anda semakin susah makan.

Jadi selalu berilah bayi anda yang terbaik yaitu ASI eksklusif selama 6 bulan. Setelah 6 bulan, lanjutkan pemberian  ASI sampai 2 tahun ditambah makanan pendamping ASI. Susu tambahan atau susu formula boleh saja diberikan. Bila tekad ibu memberikan Susu formula, ajaklah anak anda untuk belajar menggunakannya.

Komentar»

1. andi ferawati - J, Juli , 2012

ankku waktu umur sebulan pintar bgt ngedot senang rasax krn yg di mimik itu asi yg aku peras,pas umur 2 bln sdh gak ngedot lg pdhl secara kan aku kerja jd pusing dech, gmn dunk cara ngajarin biar babyku mw ngedot lg?

mirya18061985 - J, Juli , 2012

saya juga mengalami hal sama. Sewaktu bayi masih kecil mereka hanya sadar rasa lapar dan mengenyot dot. Tapi saya waktu itu lalai selama 3 minggu tidak memberi latihan dot. Dan hasilnya mereka lupa cara mengenyot dot karena puting ibu jelas beda bentuknya dengan dot. Untuk lebih jelasnya silakan baca tulisan saya. intinya adalah dengan memaksa mereka menggunakan dot. jangan menyerah. Lama kelamaan mereka akan menyerah dan terbiasa menggunakan dot.

2. suryani - J, Februari , 2013

hai sis lam kenal. saya juga mengalami hal yg sama, si kecil saya beberapa hari ini mulai tdk mau lagi minum asi perahan menggunakan dot. sedangkan saya sudah mulai masuk kerja. kemarin sempat hampir sebulan dia mau minum pakai dot sama papanya, eh gak tau kenapa kemarin2 berontak gak mau. udah coba berbagai merek dot bahkan papanya juga udah maksain sampai dia capek dan tertidur dan tidak minum sama sekali. jadi bingung nih.

mirya18061985 - J, Maret , 2013

hi sis, itu perlu konsistensi, itulah peran orang tua dalam mendidik anak anaknya. hal ini juga untuk mengajari bayi dalam hal kedisiplinan. jangan menyerah sis, tetap konsisten beri dot ke bayi. lama kelamaan mereka akan haus dan mau tidak mau akan mengenyot puting dot tsb.

3. anggraini - J, Mei , 2013

putraq ckrg jg susah minum pke dot,gmn solusiny msh bingung pdhl jg sdh gnt dot rubber yg mirip pting ibu

mirya18061985 - J, Mei , 2013

Halo sis, cara satu satunya ya mendisiplinkan mereka, seperti yang tertulis di artikel saya itu, sis. tapi kita juga harus belajar disiplin dulu, tetap pada jalur dan harapan kita bhwa anak harus bisa belajar menggunakan dot. kalo sudah 1 bulan kita terapkan disiplin tsb, otomatis, anak mau gak mau mengikuti irama tsb. Selamat Mencoba

4. ratna - J, Mei , 2013

Sis, bayinya waktu belajar pakai dot, yang kasih siapa? Sis sendiri atau orang lain?
Lalu apa sepanjang hari dipaksa pakai dot, atau diselang seling dgn menyusui langsung ke payudara?
Saya mau coba mengikuti jadwal yang sis pakai.
Mohon bantuannya ya…. Tks

mirya18061985 - J, Mei , 2013

hi sis, waktu anak saya belajar pake dot, yang kasih saya sendiri, tidak ada orang lain kecuali suami saya. tapi waktu penerapannya, dilakukan pada siang hari dimana dirumah tidak ada siapa siapa, suami juga bekerja. kalau di rumah ada orang lain, biasanya mereka akan merasa kasihan pada bayi kita dan menggagalkan penerapan disiplin. memang pasti kita akan merasa kasihan melihat bayi kita menangis teriak teriak, tapi kasihan lagi kalau sewaktu kita meninggalkan anak trus dia gak minum sama sekali. sedih deh :( . kalo seharian pertama, asi saya berikan sore hari. nah, disiplinkan bayi selama paling gak 1 bulan, lama kelamaan dia bisa juga. lha kalo bayi sudah pinter, ntar pemberian asi boleh di selang seling. misi kita adalah membiasakan mereka dengan puting dot. Selamat mencoba

5. airin - J, Juni , 2013

Sis, mau tanya dulu ngajarin anaknya pake dot merk apa? aq udah nyoba beberapa merk msh blm berhasil jg. padahal dulu pernah dicoba pke dot mau tapi lama ga pake dot jd skarang ga mau lg. Tks..

mirya18061985 - J, Juli , 2013

Halo sis,dulu sy pake merk dot….lupa,pokoknya dot aja gitu sis,gak perlu yg bentuknya sprti puting ibu,karena dot itu gak akan membelajari anak supaya bisa minum dot. Dulu juga anak sy bisa dot,tapi krn 2 minggu gak nge dot,dia nya lupa..dan dari situlah perjuanganku memberikan pelajaran ngedot. Yang penting disiplin aja sih sis,pake tips yg aku tulis aja,good luck yaa

6. Loli - J, Oktober , 2013

sis,jadi kt biarkan saja yah si baby nangis dan dot’nya ttp dimulut tanpa dikenyot dot’nya..krn klo gk dikenyot jdnya saya pencet agar asi’nya keluar krn menangisnya menjerit-jerit

mirya18061985 - J, November , 2013

dibiarkan saja. memang harus dipaksa. yaa kalo nangis sebaiknya kita harus tega walopun sebenernya gak tega. tapi kalo kita gak tega mulu, nanti anak kita gak bisa minum pake dot selamanya…trus kita kalo mau pergi kerja ato kemana mana susah dong..selamat mencoba sis

7. maya - J, November , 2013

Disiplinkan bayi slm 1 bln tu mksdny slm 1 bln pk dot trs tnp nenen lgs mb? Krn slm ni ngajarin dot ttp smbil nenen tp blm bhsl jg. Smpet uda bs skg ga mau lg pdhl ud ngajarin hmpir 4 bln. Gmn ya mb? Ad no yg bs sy hub mb?

mirya18061985 - J, November , 2013

halo mbak, dalam 1 bulan sebaiknya tetap diberikan nenen terus, supaya kita bisa memberikan ASI terbaik utk anak kita. kalo 1 bulan kita gak ngasih asi, bisa bisa ASI kita terhenti malahan. kalo bisa bayi diajari dot sewaktu siang saja. ato bisa diselang seling. tapi ingat mbak, kalo sudah bisa dot, jangan sampe terhenti dotnya yaa…add pin bb saja , di email ya mbak maya ya

8. Nia - J, November , 2013

Halo mbak mirya, salam kenal, 2-3 hari ini saya juga mengalami hal yang sama, bayiku tiba2 ga mau nyusu pake dotnya. 2 minggu lagi cutiku habis, jadi khawatir kalo dia masih ga mau nyusu pake dot.
Sebelumnya dia udah bisa minum pake dot, krn saya juga sambil kuliah, setelah 2 minggu melahirkan sy hrs ninggalin bayi selama kuliah. usia bayi 1minggu udah mulai sy ajarin minum asip, mulai dari cup feeder, sendok, sendok boon, ga berhasil, akhirnya sy coba pake dot pigeon dia mau minum susu asipnya. krn takut bayiku bingung puting, dia lebih sering sy nenenin, minum pake dot klo pas ditinggal kuliah (skitar 8jaman) bisa habis 3-4botol. Nah, saya pikir masalah selesai. Tapi 3 hari ini sy sibuk ngerjain tugas kampus, jadi sy minta pengasuhnya untuk jagain. susu asip cair udah saya siapin, tapi pas diminumin ke bayiku dia nolak dotnya, yg ngasih minum pengasuhnya biasanya dijilat2 dulu trus dilepeh2, kalo dipaksain malah jadi kayak mo muntah. trus aku coba yg minumin pake dot juga sama, dia malah nangis kejer ampe batuk2, krn ga tega jadi sy nenenin lagi.

yg mo saya tanya, kalo dipaksain pake dot gitu bisa bikin bayinya trauma ga ya? trus kalo dia dah mulai mau minum pake dot, kalo keseringan pake dotnya bakalan bingung puting ga ya mba?

thanks banget sharing pengalamannya mbak ^_^

mirya18061985 - J, November , 2013

halo salam kenal ya, anakku sewaktu saya paksa minum dot, memang menangis sampe histeris, sebenernya tidak ada cara lain lagi selain dipaksa. mending dipaksa dan kita harus tega, kalo gak gitu akibatnya anak kita tidak akan bisa minum dot selamanya, itu lebih kasihan lagi sis.
keseringan pake dot tidak akan bingung puting. caranya, dalam sehari diusahakan tetap memberikan asi kepada anak. karena asi itu sebaiknya diberikan sampai bayi berusia 2 thn. apalagi kalo kita tidak memberikan asi selama 1 hari saja, pasti asi menumpuk, membengkak dan menyebabkan kita sakit demam

9. hartika yuliana - J, Desember , 2013

mbak,aq jg mo share nie,anakq udah 3blan,masa cutiq udah hmpir hbis,tp anakq masih blm bisa mengedot,sudah gnti bbrp merk botol,tp tdak brhasil.beberapa saran udah aq trima dan udah dterapkan tp tetap saja tidak brhasil,gmn caranya ya,aq sudah putus asa mengajari minum dot

mirya18061985 - J, Desember , 2013

salam kenal. jangan pernah berputus asa sist, kalo putus asa nanti malah baby nya gak bisa ngedot selamanya loh..bisa pusing :) gini sist, kalo saya waktu itu menerapkan disiplin aja. walopun anak saya teriak teriak gak bisa ngempeng, tapi tetep saya paksa. kemungkinan besar setelah mereka teriak teriak, mereka bakal kecapekan trus mau ngedot akhirnya…selamat mencoba, good luck

10. madina - J, Desember , 2013

Mbak aku mw share,anakku 3,5 thn,awalnya dia sakit muntah2 sempet muntah susu.trus kt dokter gejala muntaber jng di kasi sufor dlu.
Tp sejak itu,anak sy sdh gk mau mnum sufor di dot lg mbak.biasanya dia bisa 3 botol besar sehari klo mnum.aku sdh coba kasih sedotan,taruh di gelas ttep sj gk mau.
Sdh prnh aku paksa smpe anaknya nangis,msh sj gk mau.aku takut anakku trauma.

Gmn ya mbak?

mirya18061985 - J, Januari , 2014

kemungkinan anak mbak trauma sama susu, coba dibeliin susu rasa coklat, strawberry atau coba susu kotak yang dijual di minimarket terdekat. tapi untuk urusan yang udah beginian saya cuma bisa kasih saran srti ini secara saya bukan dokter atau ahli laktasi. sebaiknya coba ke ahli laktasi untuk curhat permasalahan seperti ini siapa tau mereka bisa bantu. trims

11. Aryani - J, Desember , 2013

Halo Bunda Mirya & bunda2 semua, salam kenal.
Anakku pas usia 1w udah mulai belajar pakai spoon feeder karena putingku lecet. Banyak tumpah dan keselek, trus khawatir kalo malem karena ngasihnya harus bener2 fokus. Ngantuk dikit aja bisa salah masuk dan anakku stress karena mesti pelan2 sementara dia laper dan ngantuk. Pake gelas sloki pun sama aja, dr mulai marah sampai mogok minum.
Trus switch pake dot, anakku lebih bisa nerima.. lancar dalam hitungan hari. Tapi sama seperti Bunda Nia, karena takut anakku bingung puting akhirnya dot aku stop balik lagi ke nenen.
Sekarang lagi persiapan aku balik ngantor. Anakku bener2 nolak dot, didiemin, dilepeh, nangis tersedu2, teriak.. wah harus bener2 nguat2in hati. Aku salah karena bolong2 ngasihnya, kalo udah mulai bisa, balik aku nenenin full dgn asumsi “ah udah bisa kok pake dot”. Hari ini aku niatin bener2 mau konsisten ngelatihnya demi kebaikan anakku juga. Jamnya latihannya siang2 sesuai jamnya aku ngantor. Malem full nenen.
Hari ini abis teriak2 nolak dot, akhirnya mulai balik nenen setelah mandi sore (mau tidur).. duh galau banget ngeliat anakku ngedot dgn semangat, megangin mamanya seperti takut ini bakal jadi nenen terakhirnya. Dan barusan anakku muntah :( sediiiih tapi harus kuat..
Semangat ya bunda, demi kebaikan anak kita juga :)

12. Aryani - J, Desember , 2013

Halo bunda semua, mau update hasil latihan ngedot anakku.
5 hari pertama bener2 stress ngeliat anakku nangis, teriak sampai menangis sedih pas dikasih dot. Switch ke tipe dot beda juga sama aja.
Akhirnya dicoba balik lagi ke dotnya yg awal, dikasih sama papanya malam hari.. dibujuk2 dulu, dibercandain, dibikin happy.. adalah 30 menitan. Posisi ngedotnya sama persis dengan posisi nenen (berbaring), alhamdulillah mau ngedot sedikit tanpa protes. Dengan metode sama, dengan papanya dicoba terus tiap malem sampe anakku gak protes2 lagi baru switch dikasih oleh beda orang.
Sekarang lagi ngelatih ngedot siang dan posisi yg beda.
Cape dan risky kalo ngedotnya sambil berbaring terus.

mirya18061985 - J, Januari , 2014

iyaa bunda Aryani, lebih disiplinkan lagi saja, jangan sampai bolong bolong ngasih dotnya supaya adek bisa menikmati dot sama enaknya dengan nenen. adek termasuk gampang diajarin ngedot nie, diteruskan aja, dan jangan sampe lupa tetep ngasih ASI ya..

13. xdevikax - J, Januari , 2014

anakq udah mau 3 bulan .. aku hari ini pertama masuk kerja
seminggu yg lalu udah aku latih dot sis, tp nangis trus aku ga tega bener .. trus hari ini sama mbak2nya aku suruh pake sendok dulu :( aku pusing banget ,, kerja jadi kepikiran trus sis

mirya18061985 - J, Januari , 2014

hmmm.. itu sih yang bikin bingung..biasanya kita menyadari pemberian dot di akhir cuti, jadi latihannya terlambat. tapi gak papa sis, banyak juga yg punya kasus demikian. pada awalnya emang gak tega, karena susah bagi dedek yang udah enak nenen tiap hari, nyaman, anget deket bundanya. yaa… gimana lagi sis, tega gak tega aja, lebih gak tega lagi kalo dedek gak mau minum susu dot dan ditinggal bundanya kerja.. :(

ervin - J, Maret , 2014

Aq juga py masalah yg sama bunda. Masa cuti kurang seminggu ini dah. Minta pin bbnya ya…

mirya18061985 - J, Maret , 2014

Boleh….silakan kirim email ke mirya_estrelita@yahoo.com nanti sy share pin bb

14. bunda aqifa - J, Maret , 2014

mba,anak sy usia 2.5 blan,bentar lagi sy kerja. anak sy kalo d kasih dot malah di gigitin terus lama lama ngamuk. apa d biarkan sampe dia tidur? atau kadang saya kasih aja biar dy tenang lagi. soalnya dot nya ga di kenyot

mirya18061985 - J, Maret , 2014

Yg penting disiplin bun,kalo anak gak mau ngenyot ya dipaksa aja. Emang agak ngeri sih,pasti adek nangis teriak2 tapi kita hrs tetap pada tujuan kita. Lebih ngeri lagi kalo pas kita kerja,adek gak minum susu sama sekali

15. melo29 - J, April , 2014

siang mba mirya dan bunda2, mohon sharingnya , anak ku ga mw ngedot jg, didorong2nya pake lidah dan klo ud berhasil masuk, asinya dilepeh lagi… yg aq mw tanya ada ga yg gara2 dipaksa ngedot, baby nya jadi sariawan atau lecet gusi/rongga mulutnya krn bergesekan dgn dot…. makasih mba mirya n bunda2

mirya18061985 - J, April , 2014

halo juga, untuk sariawannya, apa memang ada sariawan di gusi atau lidah? mbak yakin? kalo saya cara maksa ngedotnya selama pagi siang dan sore. untuk malamhari tetap saya beri ASI scr langsung. untuk hal seperti itu, mbak gak boleh menyerah harus tetap stay on the line. besok lusa dan seterusnya jangan sampai lengah 1 hari pun, supaya si adek terbiasa dgn dot


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: